Dinullah Indaka Difa (2021) EVALUASI SUMATIF PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA MASA PANDEMI COVID19 DI SD IT INSAN UTAMA DAN SD NEGERI NGEBEL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (474kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Bab I.pdf
Download (218kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (621kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (212kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p>Penelitian ini bertujuan yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana sistem evaluasi sumatif pembelajaran daring. 2) Untuk mengetahui bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam mempengaruhi efektivitas dan efisiensi evaluasi sumatif. Penelitian jenis ini merupakan penelitian kualitatif komparatif dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Metode pengumpulan data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Evaluasi sumatif pembelajaran daring di SD IT Insan Utama yaitu menggunakan <em>google form</em> untuk evaluasi tertulis, evaluasi praktik dilakukan dengan pengiriman video maupun <em>voice note</em>/rekaman melalui aplikasi whatsapps. Adapun evaluasi sumatif pembelajaran di SD Negeri Ngebel yaitu menggunakan aplikasi <em>whatsapps</em> dan buku paket LKS bentuk evaluasi tertulis, sedangkan evaluasi praktik dilakukan dengan pengiriman foto dan video ke media <em>whatsapp</em>. 2) Faktor pendukung evaluasi pembelajaran daring yaitu orangtua, tenaga pengajar, jaringan internet, dan alat komunikasi yang memadai. Faktor kendala yaitu tidak semua peserta didik memiliki <em>handphone</em> dan kouta internet serta orang tua peserta didik tidak memiliki waktu ruang dalam kegiatan belajar mengajar dirumah.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 07:04 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 07:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5045 |