Arseed Senman (2021) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Peserta Didik Di Ulumuddeen School Thailand. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (377kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (80kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (269kB)
Bab I.pdf
Download (456kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (560kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (585kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (450kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (524kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Minat belajar peserta didik, dan 2). Strategi guru PAI dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik, serta 3). Faktor-faktor pendukung dan kendala dalam upaya menumbuhkan minat belajar peserta didik di Ulumuddeen <em>School </em>Thailand. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunaka pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Ulumuddeen <em>School </em>Thailand. Subyek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan peserta didik empat orang. Teknik mengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.</p>
<p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Minat belajar peserta didik di Ulumuddeen <em>School </em>Thailand, dapat mempunyai tingkat minat belajar yang cukup bagus ini dibuktikan dengan keaktifan peserta didik ketika belajar didalam kelas maupun di luar kelas. 2). Strategi guru PAI di Ulumuddeen <em>School </em>Thailand menggunakan strategi penyampaian/ceramah, penemuan, kelompok untuk menumbuhkan minat belajar PAI peserta didik. Sedangkan untuk strategi individual hanya sebagai pelengkap atau pendukung saja. 3). Faktor pendukung minat belajar peserta didik terdiri dari motif, lingkungan kelas, sikap dan perhatian guru, serta bahan dan media pembelajaran sudah diterapkan dan berjalan dengan lancar. Namun disamping itu ada beberapa faktor penghambat minat belajar peserta didik seperti faktor fisik peserta didik, faktor teman sebaya, dan faktor pola asuh orangtua atau keluarga.</p>
<div>
<p><strong>Kata Kunci</strong>: strategi guru, minat belajar, guru pendidikan agama Islam</p>
</div>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 07:00 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 07:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5072 |