TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA DALAM PEMENUHAN HAK KONSUMEN TERHADAP KETIDAKPUASAN PELAYANAN DAN FASILITAS HOTEL

Ferly Reinaldy Alyaubi (2021) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA DALAM PEMENUHAN HAK KONSUMEN TERHADAP KETIDAKPUASAN PELAYANAN DAN FASILITAS HOTEL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (679kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

<p>Semakin berkembangnya pariwisata dengan dibuktikan banyaknya tempat wisata yang dibangun mendorong masyarakat untuk membangun usaha jasa yang dianggap menjadi suatu kebutuhan penting bagi wisatawan, salah satu usaha jasa yang sangat dibutuhkan yaitu hotel. Pelaku usaha perhotelan wajib bertanggung jawab terhadap produk yang dijualnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, adapun permasalahan yang diangkat yaitu bagaimana bentuk pelayanan dan fasilitas hotel dalam memberikan hak kenyaman konsumen, bagaimana bentuk pertanggung jawaban dan ganti rugi pelaku usaha dalam perspektif pemenuhan hak konsumen hotel. Penelitian ini menggunakan penelitian normatif dengan menganalisis studi kepustakaan berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yang mengatur hak dan kewajiban dari kedua pihak yaitu konsumen dan pelaku usaha serta tanggung jawab pelaku usaha dari pihak yang memproduksi jasa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pendekatan kasus dengan mempelajari penerapan norma dan kaidah hukum dalam suatu praktek hukum. Prinsip tanggung jawab yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan kedua belah pihak yaitu dengan menggunakan prinsip tanggung jawab berdasarkan unsur kesalahan atau kelalaian yang disebabkan oleh pelaku usaha perhotelan. Pertanggungjawaban dan ganti rugi yang diberikan pelaku usaha ditujukan untuk memenuhi hak-hak konsumen yang hilang akibat kerugian yang diterimanya.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 06:59
Last Modified: 14 Dec 2021 07:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5079

Actions (login required)

View Item
View Item