ANGIE FITRI CHAYRANI SIAGIAN (2021) PENYELESAIAN SENGKETA KREDIT MACET PADA PEMBIAYAAN MULTIGUNA DENGAN APLIKASI MY HOME CREDIT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (345kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (561kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (621kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (510kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (333kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (456kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Layanan pinjaman online melalui aplikasi merupakan inovasi dari kemajuan teknologi yang begitu pesat khususnya dalam bidang jasa keuangan. Kemudahan layanan kredit secara online melalui aplikasi mengakibatkan banyak masyarakat yang tertarik untuk melakukan pinjaman online dikarenakan masyarakat dapat mengaksesnya dengan mudah melalui jaringan internet. Proses pencairan dana dalam pemberian pinjaman melalui aplikasi tersebut tergolong cepat dan tidak memakan waktu yang lama sehingga pinjaman online dapat dijadikan alternatif bagi masyarakat yang mempunyai kebutuhan mendesak. Namun dalam praktiknya, kemudahan yang diberikan dalam pemberian pinjaman online memiliki peluang risiko kredit macet yang lebih besar dikarenakan perjanjian pinjaman online dilakukan menggunakan dokumen elektronik tanpa menghadirkan kedua belah pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penyelesaian kredit macet pada aplikasi Home Credit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum normatif yakni melakukan studi pustaka, membaca, menelusuri dan menganalisis berdasarkan jurnal, buku dan peraturan perundangundangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan kredit macet, pihak Home Credit dapat melakukan upaya penyelamatan kredit yaitu dengan melakukan penagihan kepada debitur macet dan memberikan keringanan seperti rescheduling, reconditioning serta restrecturing. Upaya terakhir yaitu melakukan penyelesaian kredit macet dengan melakukan pengaduan data debitur macet kepada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan yang kemudian data tersebut akan masuk kedalam daftar hitam debitur macet. Upaya tersebut dilakukan dengan tujuan agar debitur macet tersebut tidak dapat melakukan pinjaman di tempat lain dan mempunyai itikad baik untuk mengembalikan pinjamannya kepada pihak Home Credit.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 06:50 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 06:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5129 |