Raihan Nuradhim (2021) RANCANG BANGUN ELECTRONIC DIFFERENTIAL GUNA MENGATUR PERBEDAAN KECEPATAN DUA MOTOR BLDC (BRUSHLESS) SEBAGAI PENGGERAK GANDA RODA BELAKANG PADA ELECTRIC CAR VEHICLE BIMASENA II. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (393kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (345kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (20kB)
Bab I.pdf
Download (26kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (970kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (822kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (453kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (18kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (59kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (677kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (318kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Mobil listrik Bimasena II adalah mobil listrik yang dibangun oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta guna berpartisipasi dalam perlombaan Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) tahun 2019. Tenaga listrik pada mobil berasal Baterai jenis Accumulator dengan kapasitas 48 Volt. Mobil listrik Bimasena II menggunakan penggerak berupa motor listrik, dimana 2 buah motor listrik jenis BLDC (Brushless) HUB dengan berkapasitas 1000 Watt sebagai penggerak ganda yang diaplikasikan pada sumbu as roda belakang terpisah antara kanan dan kiri. Pada awalnya mobil listrik Bimasena II belum menggunakan differential/Gardan sehingga kinerja mobil Bimasena II masih kurang baik, hal tersebut mendasari untuk melakukan riset untuk memperbaiki kinerja mobil agar lebih ideal saat dikendarai oleh driver, karena mobil yang ideal saat kondisi berbelok yaitu kecepatan roda dalam lebih rendah daripada kecepatan roda luar. Salah satu komponen yang penting dalam mobil listrik yang menggunakan penggerak ganda roda belakang sumbu terpisah yaitu Electronic Differential sebagai pengatur perbedaan kecepatan putaran motor. Tujuan dari Electronic Differential untuk mengatur perbedaan kecepatan motor BLDC penggerak roda dalam dan roda luar saat mobil berbelok. Masukan Electronic Differential berupa throttle sebagai pengatur sinyal tegangan referensi pengendali kecepatan putaran motor dan resistor variable sebagai sensor sudut belok roda depan, data keduanya berbentuk tegangan yang dirubah menjadi data digital melalui ADC (Analog to Digital Converting), kemudian data tersebut diolah pada mikrokontroler ESP32 untuk mengatur sinyal pengontrol kecepatan pada Kontroler motor BLDC, sehingga data digital yang sudah diolah digunakan sebagai referensi kecepatan motor BLDC pada Kontroler melalui DAC (Digital to Analog Converting) yang dihubungkan portsinyal pengatur kecepatan pada masing-masing kontroler BLDC. Tugas Akhir ini berfokus desain dan perancangan Electronic Differential sesuai dengan spesifikasi Mobil Listrik Bimasena II. Bredasarkan Hasil Pengujian pada penelitian ini yaitu Electronic Differential dapat memberikan selisih kecepatan putaran motor penggerak antara roda luar dan dalam hingga 600 RPM pada level tegangan throttle 3,3 Volt dan sudut belok roda depan 300 .
Kata Kunci : Penggerak Ganda Roda Belakang Sumbu Terpisah, Electronic Differential
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 03:24 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 03:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5178 |