STRATEGI MARKETING POLITIK PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN PADA PEMILIHAN PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 DI HALMAHERA BARAT

Nurul Kharismawati Kamaludin (2020) STRATEGI MARKETING POLITIK PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN PADA PEMILIHAN PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 DI HALMAHERA BARAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (695kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemasaran politik menjadi sebuah pendekatan yang penting dalam kampanye politik partai politik maupun kandidat politik dalam pemilu saat ini. Pemasaran politik merupakan pendekatan dan metode yang digunakan untuk membantu partai politik dan kandidat politik agar dapat membangun hubungan dua arah dengan konstituen. PDI Perjuangan di Kabupaten Halmahera Barat meskipun perolehan suaranya mengalami pasang surut, namun tetap mampu menempati posisi teratas dari pemilu ke pemilu pasca reformasi. Oleh karena itu, menjadi menarik untuk mengkaji strategi pemasaran politik PDI Perjuangan di Kabupaten Halmahera Barat pada pemilu legislatif 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Pemasaran politik dalam penelitian ini dilihat sebagai bauran dari 4 indikator (4P), yaitu product, promotion, price, dan place. Hasil penelitian menemukan 4P yang dilakukan oleh PDI Perjuangan Halmahera Barat adalah: 1) Product: yang di dalamnya terdapat party platform, past record dan personal characteristic menjadi produk yang ditawarkan 2) Promotion: iklan dan promosi, Partai PDI-P Halmahera Barat menggunakan Gurakli selain itu Media yang digunakan adalah Malut Post, Posko Malut dan Baliho. melalui berbagai bentuk iklan dan promosi menggunakan media cetak, media elektronik, dan media sosial. 3) Price, biaya ekonomi: partai memberikan bantuan dalam bentuk materi hanya berupa uang saksi pada Calegnya selain itu terdapat bantuan dari setiap kader (gotong royong), biaya psikologis: masyarakat Halmahera Barat masih melihat latar belakang etnis Caleg, image nasioanal dilihat dari kebanggaan pemilih terhadap Caleg. 4) Place, dalam bentuk program personal marketing dan program volunteer marketing. Selain itu, dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa DPC PDI Perjuangan Kabupaten Halmahera Barat pada pemilihan legislatif tahun 2019 menggunakan Gurakli, kemudian ikut serta dalam kegiatan sosial masyarakat, intens melakukan konsolidasi pada anak ranting. Dengan cara yang di gunakan partai PDI Perjuangan tersebut berjalan efektif sehingga PDI Perjuangan masih tetap menjadi salaah satu partai pemenang pemilu tahun 2019 di Kabupaten Halmahera Barat dengan memperoleh 8.766 suara sah.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:48
Last Modified: 22 Oct 2021 06:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item
View Item