PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN KTP ELEKTRONIK PADA MASA PANDEMI COVID – 19 ( STUDI KASUS DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2020)

Dewi Anisa Nurulitavina S (2021) PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN KTP ELEKTRONIK PADA MASA PANDEMI COVID – 19 ( STUDI KASUS DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2020). D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengambil judul “ Peningkatan Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan KTP Elektronik Pada Masa Pandemi covid – 19 ( Studi Kasus di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman Tahun 2020). Banyak lembaga maupun instansi pemerintah melakukan inovasi untuk mengurangi penyebaran virus covid – 19 salah satunya dengan nggunakan layanan berbasis online, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan untuk masyarakat selama pandemi covid – 19. Dalam rumusan masalah ini Bagaimana Peningkatan Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP – Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman Tahun 2020 Pada Masa Pandemi covid – 19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bersumber pada orang – orang yang bersangkutan yaitu dengan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Kepala Jawatan Umum Kapanewon Gamping, serta beberapa masyarakat yang nggunakan layanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman . Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman , dari data tersebut penulis menganalisis hasil – hasil data yang didapatkan. Bentuk upaya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman dalam meningkatkan pelayanan pada masa pandemic covid – 19 adalah mengeluarkan beberapa inovasi yang dapat memudahkan masyarakat untuk mengurus pelayanan administrasi kependudukan yaitu dengan layanan berbasis online. Pada awal virus covid – 19 menyebarkan di Indonesia Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman nggunakan layanan online dengan filtur Whatsapp, namun pelayanan nggunakan whatsapp ini hanya bertahan selama tiga bulan di karena banyaknya keluhan yang disampaikan oleh masyarakat mulai dari respon petugas yang lambat dan kebanyakan masyarakat yang nggunakan layanan. Setelah melakukan evaluasi mengenai sistem layanan online dengan nggunakan whatsapp masih kurang efisien Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman mengeluarkan sistem layanan online berbasis web yaitu dukcapilonline.slemankab.go.id serta menambahkan fasilitas yang berada disekitaran kantor seperti penambahan tempat cuci tangan, bangku pengunjung diberi jarak dan pengecekan suhu sebelum masyarakat memasuki ruangan, hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus covid – 19. Penulis memiliki beberapa saran yaitu dengan menambahkan pengeras suara karena terkadang masyarakat yang menunggu diluar ruangan tidak mendengar, bangku penunjung dan kapasitas untuk tempat parkir mobil perlu ditambahkan karena masih banyak masyarakat yang menunggu antrian dengan berdiri

Item Type: Thesis (D3)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 06:29
Last Modified: 14 Dec 2021 06:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5238

Actions (login required)

View Item
View Item