Dwi Fernanda Yulino (2021) Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Studi Kasus : Desa Sumber Rahayu, Kec. Rambang, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan Tahun 2020). D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (3MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (259kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Bab I.pdf
Download (869kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (469kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (265kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (268kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (502kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (729kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Dalam pelaksanaan sebuah pembangunan pada umumnya di masyarakat pedesaan, pemimpin sangat penting karena pemimpin adalah penggerak dari sebuah pelaksanaan pembangunan. Sebagai suatu organisasi formal yang bertugas menyelenggarakan roda pemerintahan tingkat terendah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Rambang, Kabupaten Muara Enim berkewajiban untuk melayani masyarakat agar memenuhi haknya sebagai warga negara yang ada di desa tersebut. Dalam penyelenggaraan pemerintahan Kepala Desa memiliki pro dan kontra dengan masyarakat salah satunya adalah masyarakat pro terhadap beberapa hasil kinerja kepala desa dan kontra terhadap perilaku kepala desa yang di anggap tidak mencerminkan seorang pemimpin. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Studi Kasus : Desa Sumber Rahayu, Kec. Rambang, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan Tahun 2020). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu hasil kuisioner sebagai data pelengkap. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, peneliti mendapatkan hasil bahwa terdapat dua variabel yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh Kinerja Kepemimpinan terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat yaitu Kualitas Kerja dan Kuantitas Kerja. Pada Kualitas Kerja yang memiliki pengaruh positif yakni menguasai berbagai bidang, tanggap, cekatan tepat serta menumbuhkan perekonomian masyarakat. Sedangkan Kuantitas Kerja yang memiliki pengaruh positif yakni pelayanan yang efektif dan efisien. Dan variabel yang tidak memiliki pengaruh positif ada 3 yaitu Kerjasama, Tanggung Jawab dan Inisiatif dikarenakan ketiga variabel ini dipengaruhi oleh sikap dari Kepala Desa tersebut. Penulis memiliki beberapa saran untuk penelitian selanjutnya dan Kepala Desa itu sendiri. Penelitian selanjutnya lebih dikaitkan lagi dengan Kepemimpinan atau gaya kepemimpinan yang masih mempengaruhi Kinerja Kepala Desa. sedangkan untuk Kepala Desa yaitu menambahkan rasa kepercayaan kepada masyarakat melalui komunikasi yang baik. Meningkatkan transparansi terhadap hasil dari kinerja Kepala Desa agar masyarakat merasa puas dengan kinerja yang dihasilkan oleh Kepala Desa selama menjabat. Serta pemenuhan fasilita
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 02:25 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 02:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5242 |