PENGALAMAN SPIRITUAL MAHASISWA YANG MENGALAMI ADIKSI GAME ONLINE DI YOGYAKARTA

Ririn Andrea (2021) PENGALAMAN SPIRITUAL MAHASISWA YANG MENGALAMI ADIKSI GAME ONLINE DI YOGYAKARTA. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Mahasiswa merupakan tahap perkembangan masa remaja akhir dikarenakan sudah mendapat kebebasan dalam menentukan aktifitas yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan Game online bisa mempengaruhi perilaku keagamaan seorang remaja. Seorang remaja harus memiliki tingkat spiritual yang tinggi karena spiritual merupakan hal dasar kehidupan manusia yang berasal dari rohani dan jiwa seseorang dalam menjalani aktivitas di hidupnya seperti bersosialisasi dengan manusia lainnya. Dengan meningkatnya spiritualitas maka akan bertambah ketaatan baik dalam menjalankan semua perintah-Nya maupun menjauhi semua laranganNya. Tujuan Penelitian: Untuk mengeksplorasi pengalaman spiritual mahasiswa yang mengalami adiksi gameonline. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian menggunakan pendekatan fenomenologis. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Partisipan pada penelitian ini berjumlah delapan orang yang ditentukan dengan metode snowball sampling. Analisa data yang digunakan adalah metode Giorgi. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman spiritual pada mahasiswa yang mengalami adiksi game online sangat bervariasi, hal ini dapat dilihat dari enam buah tema yang muncul yaitu, 1. ketidakpedulian dari orang tua dan mahasiswa terhadap adiksi game online, 2. perubahan aktifitas mahasiswa karena bermain game online, 3. pemahaman mahasiswa tentang pentingnya spiritualitas, 4. pengabaian kegiatan keagamaan mahasiswa yang mengalami adiksi game online, 5. game online dan ibadah menjadi problem solving mahasiswa. Kesimpulan: Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan perilaku bermain game online pada mahasiswa terbentuk karena adanya berbagai hal yang timbul dari rasa penasaran dalam bermain game sehingga menimbulkan berbagai macam pengalaman spiritual yang terjadi pada diri seseorang. Mahasiswa dapat memahami pentingnya spiritual bagi kehidupan nya dan dapat menjadi pengatasan masalah bagi mahasiswa.
Kata Kunci: Mahasiswa; Adiksi Game Online; Spiritualitas

Item Type: Thesis (D3)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:34
Last Modified: 16 Dec 2021 02:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5252

Actions (login required)

View Item
View Item