Fazrin Ahdiat (2021) Throubleshooting dan analisis engine BMW 3 series E36 M40B18. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (272kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Bab I.pdf
Download (427kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p>Mobil merupakan suatu alat transportasi masyarakat dengan roda empat atau lebih yang digerakan oleh tenaga mesin yang berbahan bakar bensin atau solar. Penggunaan mobil di Indonesia terhitung banyak terutama dari pabrikan asal Jepang dan Eropa, seperti BMW 3 <em>series</em> E36 M40B18 yang berasal dari Germany cukup laris didunia otomotif Indonesia, dengan usia mobil yang sudah lebih dari 20 tahun akan mempengaruhi peforma mesin yang mana akan terjadi malfungsi contohnya seperti suara mesin yang kasar dan munculnya asap putih dari hasil pembakaran di ruang bakar.</p>
<p>Tugas Akhir ini bertujuan mengetahui dan melakukan pengecekan komponen pada mobil dengan usia diatas 20 tahun, obyek yang digunakan yaitu mobil BMW 3 <em>series</em> E36 M40B18 tahun produksi 1992. Gejala yang muncul pada mobil ini yaitu suara mesin yang kasar, keluarnya asap putih dari <em>exhaust</em> dan <em>engine</em> yang tidak bekerja secara maksimal.Untuk pengecekan yang harus dilakukan meliputi membongkar seluruh bagian mesin dari atas sampai bawah guna mengecek dan mengukur seluruh komponen mesin mobil.</p>
<p>Hasil dari pengecekan pada komponen yang masih baik sesuai dengan spesifikasinya yaitu; kerataan kepala silinder, katup, HVA <em>(hydraulic valve adjuster)</em>, <em>crankjournal</em>, <em>crankpin</em>, celah antara piston dengan silinder dan kompresi.Untuk part bagian seal katup dan ring 1 pada piston 4 mengalami kerusakan, yang mana menyebabkan terjadinya kebocoran oli masuk pada ruang bakar dan mengakibatkan munculnya asap putih pada <em>exhaust</em>. Kondisi thermostat juga mengalami malfungsi berupa selalu membukanya katup <em>thermostat</em> karena adanya kerak dan karat, sehingga menyebabkan mesin sulit untuk <em>idle</em> saat <em>startingengine</em> dan bekerja secara tidak maksimal.</p>
<p><strong>Kata kunci: analisis <em>engine</em>, pengukuran komponen, <em>engine</em> BMW E36 M40B18</strong></p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Program Vokasi > Teknologi Mesin D3 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 02:04 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 02:06 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5333 |