Tri Wulandari (2021) The EFL Pre-Service Teacher’s Perception on the Use of Scientific Approach in English Teaching Practice. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (391kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (451kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Bab I.pdf
Download (125kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (306kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (575kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi tantangan dalam menerapkan pendekatan saintifik seperti yang dirasakan oleh pengalaman guru prajabatan Bahasa Inggris dan untuk menyelidiki strategi yang dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta dengan 5 peserta yang menggunakan pendekatan saintifik dalam praktik mengajarnya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara. Berdasarkan temuan penelitian ini, ada dua fokus; Fokus pertama penelitian ini adalah tentang tantangan yang terjadi selama guru prajabatan menerapkan tahapan pendekatan saintifik. Tantangan yang ditemukan dalam tahapan pendekatan saintifik adalah meminta siswa untuk bertanya, tantangan dalam menjaga fokus siswa dalam mengumpulkan informasi, tantangan dalam menjaga fokus siswa dalam melakukan diskusi, dan meminta siswa untuk melakukan presentasi. Fokus kedua dari penelitian ini adalah tentang strategi yang dilakukan guru prajabatan untuk mengatasi tantangan tersebut. Strategi yang ditemukan dalam penelitian ini adalah membantu siswa dalam membuat pertanyaan, memantau siswa dalam proses pengumpulan informasi, memantau siswa dalam berdiskusi, dan membangun rasa percaya diri siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:47 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5414 |