Tri Wulandari (2021) The EFL Pre-Service Teacher’s Perception on the Use of Scientific Approach in English Teaching Practice. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi tantangan dalam menerapkan pendekatan saintifik seperti yang dirasakan oleh pengalaman guru prajabatan Bahasa Inggris dan untuk menyelidiki strategi yang dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta dengan 5 peserta yang menggunakan pendekatan saintifik dalam praktik mengajarnya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara. Berdasarkan temuan penelitian ini, ada dua fokus; Fokus pertama penelitian ini adalah tentang tantangan yang terjadi selama guru prajabatan menerapkan tahapan pendekatan saintifik. Tantangan yang ditemukan dalam tahapan pendekatan saintifik adalah meminta siswa untuk bertanya, tantangan dalam menjaga fokus siswa dalam mengumpulkan informasi, tantangan dalam menjaga fokus siswa dalam melakukan diskusi, dan meminta siswa untuk melakukan presentasi. Fokus kedua dari penelitian ini adalah tentang strategi yang dilakukan guru prajabatan untuk mengatasi tantangan tersebut. Strategi yang ditemukan dalam penelitian ini adalah membantu siswa dalam membuat pertanyaan, memantau siswa dalam proses pengumpulan informasi, memantau siswa dalam berdiskusi, dan membangun rasa percaya diri siswa.
Dosen Pembimbing: | Endro Dwi Hatmanto, S.Pd., M.A., Ph.D and Indah Puspawati, S.Pd., M.A. | NIDN0526077202, NIDN0530097602 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:47 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |