Hanif Sultan Riyata Sukarno (2021) Investigating the Implementation of Problem-based Learning (PBL) in Language Teaching and Learning. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (703kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
Bab I.pdf
Download (106kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (100kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (82kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (78kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
<p>Problem-based Learning (PBL) merupakan salah satu pendekatan yang digunakan dalam proses belajar mengajar. PBL adalah suatu pendekatan pembelajaran dimana siswa belajar melalui beberapa masalah nyata yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Ada dua tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi siswa terhadap keunggulan PBL dan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap tantangan PBL. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan pendekatan PBL sebagai pendekatan belajar mengajar. Metode pendekatan kualitatif yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif karena desain ini dapat membantu peneliti untuk menggambarkan fenomena yang terjadi. terjadi dan terkait dengan pendekatan PBL. Peneliti memilih empat mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta yang berpengalaman dalam pembelajaran dengan pendekatan PBL. Peneliti menggunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Ada delapan temuan, lima keunggulan, dan tiga tantangan. Temuan terkait keunggulan PBL adalah PBL meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar, meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, meningkatkan soft-skill siswa dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Temuan terkait tantangan PBL adalah tantangan kerja kelompok yang terkait dengan anggota kelompok dan kerja tim dan tantangan dalam memahami masalah sebagai bahan pembelajaran.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:46 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5435 |