Satrio Pratama (2021) PEMODELAN SIMPANG BERSINYAL AKIBAT PERUBAHAN URUTAN FASE DENGAN SOFTWARE PTV VISSIM PADA SIMPANG EMPAT BERSINYAL PELEM GURIH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (591kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (16kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (499kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (585kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (732kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Yogyakarta adalah kota yang memiliki perkembangan pertumbuhan lalu lintas yang cukup pesat, perkembangan yang terjadi akan berdampak pada arus lalu lintas yang semakin padat sehingga akan menimbulkan kemacetan. Seperti halnya pada simpang Pelem Gurih Yogyakarta yang sering terjadi kemacetan pada jamjam sibuk. Penggunaan urutan fase pada system APILL sudah tidak menggunakan urutan fase searah jarum jam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang setelah dilakukan perubahan urutas fase pada lampu APILL menggunakan softaware VISSIM. Adapun metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode survei lalu lintas dan data pendukung lainnya ( Kondisi lingkungan, Geometrik jalan dll ) di lapangan serta pemodelan menggunakan program VISSIM 2021. Dari hasil pemodelan dapat diketahui kinerja simpang pada kondisi eksisting berada pada tingkat pelayanan E dan nilai tundaan 60.84 detik/kendaraan. Setelah dilakukan beberapa skenario maka didapatkan urutan fase yang efektif ketika rasio belok pada simpang tersebut mencapai angka 70 % untuk rasio belok kanan dan 30 % untuk rasio lurus pada lengan utara dan selatan dengan nilai tundaan sebesar 50.03 detik/kendaraan dan tingkat pelayanan (LOS) E.
Kata Kunci: Pemodelan VISSIM, Simpang Bersinyal, Tundaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 08:47 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 08:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5449 |