CHALLENGES AND STRATEGIES IN DOING READING COMPREHENSION SECTION OF A PAPER-BASED TOEFL

Elfrida Suryaningsih (2021) CHALLENGES AND STRATEGIES IN DOING READING COMPREHENSION SECTION OF A PAPER-BASED TOEFL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

<p>Tes kecakapan bahasa Inggris memainkan peran penting dalam proses belajar mengajar. Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah salah satu tes kecakapan bahasa Inggris dengan bagian membaca sebagai salah satu bagiannya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi tantangan yang dihadapi siswa dalam mengerjakan tes pemahaman membaca dan (2) mengidentifikasi strategi yang digunakan siswa dalam mengerjakan tes pemahaman bacaan. Di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pendidikan Bahasa di salah satu universitas swasta di Yogyakarta, terdapat mata kuliah yang membantu mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL. Nama kursusnya adalah International Language Testing (ILT). Partisipan dalam penelitian ini adalah enam mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Pendidikan Bahasa di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta yang telah mengambil mata kuliah ILT. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif fenomenologi dengan wawancara untuk mencari informasi tentang tantangan siswa dan strategi untuk mengikuti tes pemahaman bacaan. Hasil penelitian menunjukkan lima tantangan siswa dalam mengikuti tes pemahaman bacaan TOEFL berbasis kertas yaitu manajemen waktu, latar belakang pengetahuan yang berbeda, kecemasan, kurangnya kosakata, dan kurangnya motivasi. Temuan kedua menunjukkan enam strategi siswa untuk mengatasi tantangan dalam melakukan bagian pemahaman membaca dari TOEFL berbasis kertas yang menggunakan teknik membaca skimming dan pemindaian, motivasi membaca, mengatur waktu, menentukan prioritas pertanyaan, memprediksi, dan menemukan kata kunci dari pertanyaan-pertanyaan dalam bagian tersebut.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:42
Last Modified: 14 Dec 2021 03:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5456

Actions (login required)

View Item
View Item