Teachers’ Perception on the Use of Google Translate in Students’ Writing

Mahdiana Syahri Fijanah (2021) Teachers’ Perception on the Use of Google Translate in Students’ Writing. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa, penggunaan Google Translate (GT) sudah tidak asing lagi dikalangan siswa. Khususnya dalam kegiatan menulis, siswa menggunakan GT untuk membantu mereka sebagai alat bantu belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang penggunaan GT dalam tulisan siswa, kelebihan GT, dan strategi efektif penggunaan GT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah enam orang dosen dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Hasil penelitian ini menemukan bahwa enam guru menyiratkan GT efektif digunakan oleh siswa dalam kegiatan menulis mereka. Selain itu, guru juga menyebutkan kelebihan GT, seperti meningkatkan kosakata siswa dan penggunaannya, menjadi pemeriksa ejaan, menjadi pemeriksa pengucapan, dan menjadi solusi tata bahasa. Selain itu, ada empat strategi menggunakan GT secara efektif yang disebutkan oleh para peserta, seperti melakukan pra-editing, melakukan pasca-editing, menggunakan GT untuk terjemahan sebagian, dan menggunakan GT untuk memeriksa keakuratan bahasa. Dengan demikian, dari temuan penelitian saat ini, siswa harus memahami bahwa GT tidak dapat digunakan sembarangan dan mereka harus memahami bahwa GT adalah alat yang efektif untuk belajar bahasa jika digunakan dengan strategi yang benar.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2021 08:47
Last Modified: 15 Dec 2021 08:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5463

Actions (login required)

View Item
View Item