EVALUASI PELAYANAN KEFARMASIAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS DAYEUHLUHUR II KABUPATEN CILACAP

Lisanda Dwi Adriani (2021) EVALUASI PELAYANAN KEFARMASIAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS DAYEUHLUHUR II KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (798kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

<p>Kecamatan Dayeuhluhur merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Cilacap yang mempunyai dua Puskesmas satu diantaranya adalah Puskesmas Dayeuhluhur II. Puskesmas Dayeuhluhur II memiliki satu orang Apoteker dengan rata-rata jumlah pasien yang berkunjung setiap harinya mencapai 50 pasien. Pelayanan kefarmasian di Puskesmas adalah sebuah pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelayanan kefarmasian dan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Dayeuhluhur II Kabupaten Cilacap.</p>

<p>Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data gambaran pelayanan kefarmasian diperoleh dari Apoteker Puskesmas dan pengamatan langsung di Puskesmas. Tingkat kepuasan pasien dievaluasi pada 94 pasien rawat jalan yang memenuhi kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Data gambaran pelayanan kefarmasian diskoring berdasarkan Modul Training of Trainer (TOT) yang dikeluarkan oleh Direktorat Bina Farmasi Komunitas dan Klinik Kementerian Kesehatan RI. Data tingkat kepuasan pasien diukur berdasarkan skala likert dan dianalisis menggunakan rumus deskriptif persentase.</p>

<p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian yang dinilai berdasarkan pengelolaan sediaan farmasi dan bahan medis habis pakai, pelayanan farmasi klinik, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan pengendalian mutu pelayanan kefarmasian diperoleh jumlah skor 96. Tingkat kepuasan pasien diperoleh hasil pada dimensi kehandalan 84,5% (sangat puas), dimensi ketanggapan 84,1% (sangat puas), dimensi jaminan 84,3% (sangat puas), dimensi empati 86,3% (sangat puas), dimensi bukti fisik 84,2% (sangat puas). Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pelayanan kefarmasian di Puskesmas Dayeuhluhur II Kabupaten Cilacap termasuk ke dalam kategori baik. (2) Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Dayeuhluhur II Kabupaten Cilacap termasuk ke dalam kategori sangat puas dengan persentase sebesar 84,5%.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:39
Last Modified: 14 Dec 2021 03:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5473

Actions (login required)

View Item
View Item