THE STRATEGY OF SOUTH KOREA IN INTRODUCING KOREAN FOOD TO INDONESIA

Aisyah Wahdania Mulya Ningsih (2020) THE STRATEGY OF SOUTH KOREA IN INTRODUCING KOREAN FOOD TO INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja strategi yang digunakan oleh Korea Selatan dalam memperkenalkan kuliner Korea ke Indonesia. Korea Selatan merupakan negara industri yang memiliki relasi yang baik dalam berbagai bidang dengan Indonesia sejak tahun 1973. Pariwisata dan kuliner merupakan dua sektor yang turut membantu dan mendukung perkembangan ekonomi Korea Selatan. Sebagai tambahan, kehadiran Korean wave atau Hallyu membuat popularitas Korea Selatan meningkat. Melalui dua hal tersebut, Korea Selatan ingin memperluas pasar kulinernya ke negara lain termasuk Indonesia yang merupakan pasar besar untuk industri kuliner. Karena itu, Korea Selatan memanfaatkan penggunaan media dan efek dari Korean wave atau Hallyu dalam rangka memperkenalkan kulner Korea ke Indonesia. Drama korea dan juga media online menjadi alat untuk mempromosikan kuliner Korea. Popularitas kuliner Korea yang diperoleh dari media dapat menimbulkan efek Bandwagon yang akan membuat orang mengikuti apa yang terlihat sebagai mayoritas, dalam hal ini, kuliner Korea.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:35
Last Modified: 23 Oct 2021 03:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item
View Item