Helmy Afrizal (2021) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN APLIKASI JENANG DUKCAPIL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI DINDUKCAPIL KABUPATEN KUDUS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (665kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3kB)
Bab I.pdf
Download (15kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (319kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (666kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi oleh pemerintah adalah pemanfaatan teknologi informasi dalam mengolah data administrasi kependudukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengeluarkan inovasi pelayanan publik berbasis online melalui Aplikasi Jenang Dukcapil, dengan hadirnya Aplikasi Jenang Dukcapil bisa memberikan kemudahan masyarakat dalam mengurus data kependudukan terutama saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk tidak berkerumun di tempat umum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kudus. Jenis data yang digunakan peneliti yaitu data primer dan data sekunder data primer berasal dari hasil wawancara dan data sekunder diperoleh dari hasil observasi. Teknik analisa dari penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, seleksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Objek yang diteiti dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan terdapat ada 5 indikator Berwujud (tangible), Kehandalan (reliability), Ketanggapan (responsiveness), Jaminan (assurance), dan Empati (empaty). Dan juga faktor yang mempengaruhi implemtasi program ada 4 yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, serta struktur birokrasi Hasil dari penelitian yang dilakukan, secara keseluruhan kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil Kabupaten Kudus sudah cukup baik, dengan hadirnya Aplikasi Jenang Dukcapil ini memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menggurus dokumen kependudukan, dengan hadirnya Aplikasi Jenang Dukcapil ini juga menjadi solusi di tengah pandemi Covid-19. Tapi dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala seperti kurang masifnya sosialisasi yang bisa menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat, hal ini bisa dilihat dari masih banyak masyarakat yang tidak tau bagaimana cara pengajuan dokumen kependudukan melalui Aplikasi Jenang Dukcapil Saran peneliti kepada Dukcapil Kudus agar memaksimalkan sosialisasi bersama dengan stakeholder seperti bekerja sama dengan pemerintah desa dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat, selain itu untuk tetap mempertahankan pelayanan yang sudah baik sesuai dengan SOP yang berlaku.
Kata Kunci :Impelementasi, pelayanan publik, kualitas pelayanan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 07:50 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 07:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5499 |