KAJIAN IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SANDEN KABUPATEN BANTUL

Mila Ummaya (2021) KAJIAN IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SANDEN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (849kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (684kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

<p>Pelayanan kefarmasian di puskesmas sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan kepada pasien sehingga dapat mempengaruhi pasien untuk datang kembali apabila membutuhkan. Puskesmas Sanden merupakan puskesmas yang terletak di kabupaten Bantul bagian Selatan. Puskesmas Sanden dengan jumlah rata-rata kunjungan 70 pasien per hari hanya ada seorang apoteker dan 2 Tenaga Teknis Kefarmasian di ruang apoteknya. Hal tersebut yang perlu dilakukan evaluasi tentang gambaran implementasi standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas Sanden. Penelitian ini terdiri dari 2 hal yaitu kajian implementasi standar pelayanan kefarmasian dan tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian kajian pelayanan kefarmasian adalah Apoteker di Puskesmas Sanden. Sedangkan, kajian tingkat kepuasan pasien dilakukan pada pasien rawat jalan yang mendapatkan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Sanden dan memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling. Data primer diperoleh melalui instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner dan wawancara, kemudian untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dilakukan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas Sanden termasuk kategori Baik dan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sanden termasuk kategori Puas.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2021 07:50
Last Modified: 15 Dec 2021 07:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5502

Actions (login required)

View Item
View Item