Olgha Caeshar Fiorentya (2021) Students' Perception toward Online Collaborative Learning in English Language Education Department during Pandemic. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (575kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (241kB)
Bab I.pdf
Download (284kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (367kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (388kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
<p>Pembelajaran kolaboratif secara daring atau disebut <em>Online Collaborative Learning </em>(OCL) menyediakan komunikasi siswa dengan berkumpul bersama anggota grup mereka untuk mencapai tujuan pembelajaran bersama yang sedang mereka hadapi di situasi pandemic Covid-19 secara daring. OCL merupakan salah satu jalan keluar untuk menyelesaikan masalah ketika situasi saat ini melarang murid untuk mengadakan diskusi grup secara luring. Akhirnya, murid-murid menemukan manfaat dan menghadapi tantangan saat melakukan OCL di situasi sekarang ini. Sehingga, peneliti ingin menemukan manfaat dan tantangan terhadap OCL berdasarkan pandangan dari murid. Penelitian ini menggunakan<em> descriptive qualitative </em>sebagai desain penelitian ini untuk menjawab pertanyaan dari penelitian ini dengan menggali secara dalam jawaban dari peserta penelitian dengan menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data penelitian. Penemuan penelitian ini membuktikan adanya 3 manfaat dari OCL berdasarkan pandangan murid. Beberapa murid mengakui mereka memiliki fleksibilitas waktu dan tempat untuk menyelenggarakan OCL; murid-murid dapat mengembangkan kemampuan teknologi mereka; dan mereka dapat menambah pembelajaran <em>socio-emotional </em>melalui penyelenggaraan OCL. Sisi lain, peneliti menemukan bahwa murid mendapati 6 tantangan saat menggunakan OCL seperti menyebabkan kesalahpahaman antar murid, memiliki anggota yang kurang berkontribusi, <em>free riders, </em>penyusunan jadwal bersama, dan mendapatkan informasi yang kurang jelas dari dosen-dosen mereka. Sehingga, peneliti ingin menginformasikan tentang manfaat dan tantangan yang murid-murid dan guru harus sadari ketika melaksanakan OCL terutama saat pandemic Covid-19 ini dan memberikan dukungan kepada peneliti lain yang akan atau telah melakukan penelitian yang memiliki topic yang sama<strong>. </strong></p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:34 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5520 |