Students' Perception toward Online Collaborative Learning in English Language Education Department during Pandemic

Olgha Caeshar Fiorentya (2021) Students' Perception toward Online Collaborative Learning in English Language Education Department during Pandemic. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

<p>Pembelajaran kolaboratif secara daring atau disebut <em>Online Collaborative Learning </em>(OCL) menyediakan komunikasi siswa dengan berkumpul bersama anggota grup mereka untuk mencapai tujuan pembelajaran bersama yang sedang mereka hadapi di situasi pandemic Covid-19 secara daring. OCL merupakan salah satu jalan keluar untuk menyelesaikan masalah ketika situasi saat ini melarang murid untuk mengadakan diskusi grup secara luring. Akhirnya, murid-murid menemukan manfaat dan menghadapi tantangan saat melakukan OCL di situasi sekarang ini. Sehingga, peneliti ingin menemukan manfaat dan tantangan terhadap OCL berdasarkan pandangan dari murid. Penelitian ini menggunakan<em> descriptive qualitative </em>sebagai desain penelitian ini untuk menjawab pertanyaan dari penelitian ini dengan menggali secara dalam jawaban dari peserta penelitian dengan menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data penelitian. Penemuan penelitian ini membuktikan adanya 3 manfaat dari OCL berdasarkan pandangan murid. Beberapa murid mengakui mereka memiliki fleksibilitas waktu dan tempat untuk menyelenggarakan OCL; murid-murid dapat mengembangkan kemampuan teknologi mereka; dan mereka dapat menambah pembelajaran <em>socio-emotional </em>melalui penyelenggaraan OCL. Sisi lain, peneliti menemukan bahwa murid mendapati 6 tantangan saat menggunakan OCL seperti menyebabkan kesalahpahaman antar murid, memiliki anggota yang kurang berkontribusi, <em>free riders, </em>penyusunan jadwal bersama, dan mendapatkan informasi yang kurang jelas dari dosen-dosen mereka. Sehingga, peneliti ingin menginformasikan tentang manfaat dan tantangan yang murid-murid dan guru harus sadari ketika melaksanakan OCL terutama saat pandemic Covid-19 ini dan memberikan dukungan kepada peneliti lain yang akan atau telah melakukan penelitian yang memiliki topic yang sama<strong>. </strong></p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:34
Last Modified: 14 Dec 2021 03:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5520

Actions (login required)

View Item
View Item