Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Kebangsaan Siswa Di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan

Sidik Jailani (2021) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Kebangsaan Siswa Di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi nilai-nilai kebangsaan, proses pelaksanaan bimbingan dan konseling serta menemukan peran guru bimbingan konseling (guru BK) dalam meningkatkan nilai-nilai kebangsaan di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Operasionalisasi konsep pada penelitian ini bertumpu pada variabel penelitian peran guru bimbingan konseling dan peningkatan nilai-nilai kebangsaan. Peran guru BK adalah peran pengajaran dan suri tauladan, peran pencegahan (preventif) dan pemeliharaan serta peran sebagai pembimbing dan pengembangan. Nilai kebangsaan dalam pendidikan Indonesia terdiri dari nilai cinta damai dan semangat kebangsaan, nilai religiusitas siswa, nilai kedisiplinan dan kejujuran, nilai kemandirian dan kerjakeras, nilai toleransi dan demokratis serta nilai kreatif dan menghargai prestasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Guru BK. Sumber data sekundernya adalah dokumen yang memuat gambaran umum SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan nilai-nilai kebangsaan siswa menunjukkan hasil yang cukup baik, namun, masih adanya beberapa nilai-nilai kebangsaan yang perlu ditingkatkan. Pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan oleh guru BK di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan diawali dengan melakukan koordinasi, analisis kebutuhan siswa, membuat rencana program bimbingan dan konseling disusun secara bertahap, sehingga dapat dilaksanakan secara baik. Tahap dan langkah yang telah dirumuskan menjadi acuan untuk diikuti dan dikembangkan secara baik. Peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan nilai-nilai kebangsaan siswa adalah dengan pembiasaan nilai-nilai positif, materi-materi, layanan informasi, melakukan konseling individu dan kelompok terhadap siswa yang melanggar atau tidak sesuai dengan norma-norma yang ada, serta memberikan nasehat dan contoh baik kepada siswa dan bekerjasama dengan guru bidang studi dan siswa untuk saling membantu</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:35
Last Modified: 15 Dec 2021 03:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5538

Actions (login required)

View Item
View Item