ELED Student's Perception on Using English Songs to Learn Pronunciation

Dimas Adika Trisnanto (2021) ELED Student's Perception on Using English Songs to Learn Pronunciation. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)

Abstract

Lagu bahasa Inggris merupakan salah satu media pembelajaran bahasa Inggris yang efektif, khususnya dalam pembelajaran pengucapan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui persepsi siswa ELED dalam menggunakan lagu berbahasa Inggris untuk belajar pengucapan. Ada dua pertanyaan penelitian sebagai fokus, yaitu (1) Apa manfaat menggunakan lagu bahasa Inggris untuk belajar pengucapan? dan (2) Apa saja kriteria lagu berbahasa Inggris yang dapat membantu siswa belajar pengucapan? Proses pengumpulan data menggunakan penelitian kualitatif sebagai desain penelitian dan wawancara sebagai instrumen penelitian. Selain itu, ada empat peserta yang diwawancarai dari angkatan 2018. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti membagi hasil penelitian berdasarkan pertanyaan penelitian. Untuk manfaat belajar pengucapan melalui lagu-lagu bahasa Inggris, ada tiga hasil penelitian, termasuk encouragingsiswa imitasisegera, providing aspek segmental supra belajar (stres, ritme, danintonasi),dan mengekspos siswa dengan berbagai aksen bahasaInggris.Kemudian untuk temuan yang terkait dengan pertanyaan penelitian kedua, ada tiga kriteria lagu bahasa Inggris yang dapat membantu siswa untuk belajar pengucapan. Ada suara penyanyi yang jernih, lirik lagu dapat dimengerti, dan tempo lagu yang tidak terlalu cepat.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:30
Last Modified: 14 Dec 2021 03:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5552

Actions (login required)

View Item
View Item