Sulistian Purnamasari Rifu (2021) ANALISIS HUBUNGAN RASIO VOLUME KAPASITAS JALAN DENGAN KECELAKAAN DI JALAN PARANGTRITIS KM 4,5 - 6,5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (4MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Bab I.pdf
Download (80kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (935kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (581kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (410kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (78kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (673kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
<p>Jalan Parangtritis merupakan salah satu jalan utama menuju pantai Parangtritis, objek wisata yang terkenal di Yogyakarta. Volume lalu lintas di jalan tersebut mengalami peningkatan setiap tahun sehingga mempengaruhi pergerakan lalu lintas itu sendiri. Peningkatan volume lalu lintas ini sangat berpotensi terhadap terjadinya kecelakaan. Berdasarkan peningkatan volume lalu lintas dan potensi terjadi kecelakanan, maka perlu dilakukan analisis hubungan rasio volume kapasitas jalan (RVK) dengan kecelakaan di Jalan Parangtritis km 4,5 s.d. km 6,5. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik kecelakaan dan potensi kecelakaan, menganalisis hubungan RVK dengan kecepatan kendaraan, dan menganalisis hubungan RVK dengan kecelakaan. Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data primer dan data sekunder di Jalan Parangtritis km 4,5 s.d. km 6,5, yang dilanjutkan dengan perhitungan yang mengacu pada Peraturan Bina Marga (1997), analisis kecepatan kendaraan dan kecelakaan berdasarkan regresi dan determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis potensi kecelakaan didominasi oleh sepeda motor dengan tabrak depan samping pada segmen 1 dan segmen 2. Hubungan rasio volume kapasitas jalan dengan kecepatan kendaraan didapatkan persamaan regresi linier y = (-14,349) x + 54,178 dengan nilai R2 = 0,6231 yang berarti semakin rendah nilai rasio volume kapasitas maka semakin tinggi kecepatan kendaraan. Hubungan RVK dengan kecelakaan mendapatkan hasil persamaan eksponensial y = 25,492e(-1,375)x dengan nilai R2 = 0,8728. Hasil persamaan eksponensial hubungan RVK dengan potensi kecelakaan yaitu y = 254,23e (-2,565)x dengan nilai R2 = 0,7974. Hal ini menunjukkan bahwa faktor terjadinya kecelakaan tidak hanya disebabkan oleh lalu lintasnya saja namun adanya faktor lain yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa nilai RVK yang rendah juga dapat berpengaruh terhadap peningkatan terjadinya kecelakaan.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 03:35 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 03:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5573 |