Sulistian Purnamasari Rifu (2021) ANALISIS HUBUNGAN RASIO VOLUME KAPASITAS JALAN DENGAN KECELAKAAN DI JALAN PARANGTRITIS KM 4,5 - 6,5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
<p>Jalan Parangtritis merupakan salah satu jalan utama menuju pantai Parangtritis, objek wisata yang terkenal di Yogyakarta. Volume lalu lintas di jalan tersebut mengalami peningkatan setiap tahun sehingga mempengaruhi pergerakan lalu lintas itu sendiri. Peningkatan volume lalu lintas ini sangat berpotensi terhadap terjadinya kecelakaan. Berdasarkan peningkatan volume lalu lintas dan potensi terjadi kecelakanan, maka perlu dilakukan analisis hubungan rasio volume kapasitas jalan (RVK) dengan kecelakaan di Jalan Parangtritis km 4,5 s.d. km 6,5. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik kecelakaan dan potensi kecelakaan, menganalisis hubungan RVK dengan kecepatan kendaraan, dan menganalisis hubungan RVK dengan kecelakaan. Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data primer dan data sekunder di Jalan Parangtritis km 4,5 s.d. km 6,5, yang dilanjutkan dengan perhitungan yang mengacu pada Peraturan Bina Marga (1997), analisis kecepatan kendaraan dan kecelakaan berdasarkan regresi dan determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis potensi kecelakaan didominasi oleh sepeda motor dengan tabrak depan samping pada segmen 1 dan segmen 2. Hubungan rasio volume kapasitas jalan dengan kecepatan kendaraan didapatkan persamaan regresi linier y = (-14,349) x + 54,178 dengan nilai R2 = 0,6231 yang berarti semakin rendah nilai rasio volume kapasitas maka semakin tinggi kecepatan kendaraan. Hubungan RVK dengan kecelakaan mendapatkan hasil persamaan eksponensial y = 25,492e(-1,375)x dengan nilai R2 = 0,8728. Hasil persamaan eksponensial hubungan RVK dengan potensi kecelakaan yaitu y = 254,23e (-2,565)x dengan nilai R2 = 0,7974. Hal ini menunjukkan bahwa faktor terjadinya kecelakaan tidak hanya disebabkan oleh lalu lintasnya saja namun adanya faktor lain yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa nilai RVK yang rendah juga dapat berpengaruh terhadap peningkatan terjadinya kecelakaan.</p>
Dosen Pembimbing: | Noor Mahmudah, Dr. Ir., S.T., M.Eng., IPM. | NIDN0003107001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 03:35 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 03:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5573 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |