ANALISIS HUBUNGAN RASIO VOLUME KAPASITAS JALAN DENGAN KECELAKAAN DI JALAN DAENDELS KM 24,7 SAMPAI KM 26,7 YOGYAKARTA

Iqbal Prasetyo Suharjo (2021) ANALISIS HUBUNGAN RASIO VOLUME KAPASITAS JALAN DENGAN KECELAKAAN DI JALAN DAENDELS KM 24,7 SAMPAI KM 26,7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk yang terjadi di Yogyakarta berdampak pada peningkatan kebutuhan akan infrastruktur transportasi darat khususnya jalan. Jalan Daendels, Yogyakarta merupakan jalan provinsi yang digunakan untuk melayani mobilitas penumpang dan barang dari dan menuju Yogyakarta International Airport yang merupakan Kawasan Strategis Nasional dan jalan alternatif menuju Kabupaten Purworejo dan Gunung Kidul. Pada jalan ini, kecelakaan lalu lintas relatif tinggi sehingga sangat penting dilakukan kajian secara tepat untuk menemukan solusi untuk meningkatkan keselamatan jalan. Lokasi penelitian dilaksanakan di Jalan Daendels Km 24,7 sampai Km 26,7 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi potensi dan karakteristik kecelakaan, menganalisis rasio volume kapasitas (RVK) jalan terhadap kecepatan kendaraan serta menganalisis RVK jalan terhadap jumlah kecelakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan potensi kecelakaan terbesar terjadi pada hari libur dengan jenis depan-samping (angle) yang berjumlah 54 kasus atau 43,55% dari total 124 kasus. Selain itu kecelakaan pada tahun 2019 berupa tabrak depan-samping (angle) paling dominan sebanyak 20 kasus (48,78%) dari total 41 kasus. Hubungan antara RVK jalan dengan kecepatan kendaraan mendapatkan persamaan y = -117.06x + 72.258 dengan nilai R2 = 0,6095. Semakin besar nilai RVK, semakin rendah kecepatan kendaraan yang melintas. Selain itu, hubungan antara RVK jalan dengan kecelakaan 2019 mendapatkan hasil persamaan y = 3,6704e7.1834x dengan nilai R2 = 0,6082, sedangkan hubungan antara RVK dengan potensi kecelakaan 2021 didapatkan persamaan y = 20,299e3,9114x dengan nilai R2 = 0,4656. Secara umum dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi RVK akan mengakibatkan kecelakaan yang semakin tinggi, dengan titik optimum pada nilai RVK sebesar 0,522.
Kata kunci: Kecelakaan, Kecepatan, Potensi, Rasio Volume Kapasitas (RVK)

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:04
Last Modified: 15 Dec 2021 03:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5576

Actions (login required)

View Item
View Item