Hammam Banu Ihsani (2021) STRATEGI RANTAI PASOK BERAS ORGANIK PADA ORGANISASI GABUNGAN TANI ORGANIK SAWANGAN (GATOS) KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (872kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (631kB)
Bab I.pdf
Download (715kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (743kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (627kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (863kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (469kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p>Indonesia merupakan negara agraris, artinya sebagian besar mata pencaharian masyarakat Indonesia yaitu petani. Pertanian organik salah satu pertanian di Indonesia yang menghasilkan salah satunya beras organik. <em>Supply Chain Management </em>(SCM) mewakili ilmu manajemen dalam kegiatan pertanian yang melibatkan pengelolaan, pengolahan, distribusi, pemasaran hingga produk yang diinginkan konsumen. Tujuan penelitian: (1) mengidentifikasi para pelaku rantai pasok dan analisis deskriptif kondisi lingkungan, (2) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, (3) perumusan strategi dengan matriks<em> Strength</em>, <em>Weakneses</em>, <em>Opportunities</em>, dan <em>Threats</em> (SWOT), (4) pemilihan strategi prioritas dengan <em>Analytical Hierarchy Process</em> (AHP). Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik <em>purposive sampling </em>melibatkan 10 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku rantai pasok beras organik di Kecamatan Sawangan adalah petani, Gapoktan, Gatos , dan konsumen. Berdasarkan rumusan strategis, diperoleh lima alternatif strategi yang terdiri dari: (1) meningkatkan kualitas, kuantitas dan kontinuitas produksi, (2) memperluas pasar dan mempermudah saluran distribusi, (3) penguatan aspek keuangan, (4) melakukan riset pasar beras organik dan perencanaan pengembangan, (5) fasilitasi dan dukungan dari pemerintah.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 03:04 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 03:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5580 |