Nurina Ramadita (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN PELAYANAN KEMBALI KESEHATAN DI RSU PERMATA MEDIKA KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
<p>Tantangan yang dihadapi rumah sakit adalah konsumen atau pasien, harapan yang tinggi terhadap pelayanan yang lebih baik dan prima. Mereka dulu "diperlakukan" oleh industri barang dan jasa lain yang terutama berfokus pada kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan kembali pelayanan kesehatan di RS Permata Medika Kebumen. Metodologi campuran diterapkan dalam penelitian ini. Populasi penelitian mencakup semua pasien yang berkunjung pada Agustus 2019. Metode kuantitatif mengadopsi simple random sampling dengan kuesioner online dan berbasis kertas. Selanjutnya, metode kuantitatif mengadopsi purposive sampling. Metode kuantitatif menghasilkan total 85 sampel. Sepuluh orang yang diwawancarai telah dipilih untuk menjadi sampel pendekatan deskriptif kualitatif yang terdiri dari lima pasien BPJS yang memanfaatkan layanan dan lima petugas kesehatan di lokasi. Pasien BPJS diamati, didokumentasikan, dan diwawancarai. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling, dengan Partial Least Square sebagai alat analisisnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor predisposisi, faktor penguat, dan faktor pendukung secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap penggunaan kembali pelayanan kesehatan di RS Permata Medika Kebumen. Selain itu, beberapa faktor predisposisi, penguat, dan pendukung telah menjadi perhatian rumah sakit. Pihak rumah sakit sudah mengelolanya, dan beberapa efeknya sudah dirasakan pasien BPJS dan dokter. Perbaikan tambahan terkait fasilitas (tempat parkir) dan penambahan dokter spesialis merupakan semacam usulan pasien BPJS. Arus informasi, empati pekerja, dan umpan balik pasien rujukan yang diberikan, dan fasilitas lainnya cukup baik.</p>
Dosen Pembimbing: | Kusbaryanto, Dr. dr. , M.Kes., FISPH., FISCM and Firman Pribadi, Dr., S.E., M.Si. | NIDN0507086502, NIDN0517066702 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:20 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5582 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |