FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN PELAYANAN KEMBALI KESEHATAN DI RSU PERMATA MEDIKA KEBUMEN

Nurina Ramadita (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN PELAYANAN KEMBALI KESEHATAN DI RSU PERMATA MEDIKA KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

<p>Tantangan yang dihadapi rumah sakit adalah konsumen atau pasien, harapan yang tinggi terhadap pelayanan yang lebih baik dan prima. Mereka dulu "diperlakukan" oleh industri barang dan jasa lain yang terutama berfokus pada kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan kembali pelayanan kesehatan di RS Permata Medika Kebumen. Metodologi campuran diterapkan dalam penelitian ini. Populasi penelitian mencakup semua pasien yang berkunjung pada Agustus 2019. Metode kuantitatif mengadopsi simple random sampling dengan kuesioner online dan berbasis kertas. Selanjutnya, metode kuantitatif mengadopsi purposive sampling. Metode kuantitatif menghasilkan total 85 sampel. Sepuluh orang yang diwawancarai telah dipilih untuk menjadi sampel pendekatan deskriptif kualitatif yang terdiri dari lima pasien BPJS yang memanfaatkan layanan dan lima petugas kesehatan di lokasi. Pasien BPJS diamati, didokumentasikan, dan diwawancarai. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling, dengan Partial Least Square sebagai alat analisisnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor predisposisi, faktor penguat, dan faktor pendukung secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap penggunaan kembali pelayanan kesehatan di RS Permata Medika Kebumen. Selain itu, beberapa faktor predisposisi, penguat, dan pendukung telah menjadi perhatian rumah sakit. Pihak rumah sakit sudah mengelolanya, dan beberapa efeknya sudah dirasakan pasien BPJS dan dokter. Perbaikan tambahan terkait fasilitas (tempat parkir) dan penambahan dokter spesialis merupakan semacam usulan pasien BPJS. Arus informasi, empati pekerja, dan umpan balik pasien rujukan yang diberikan, dan fasilitas lainnya cukup baik.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:20
Last Modified: 14 Dec 2021 03:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5582

Actions (login required)

View Item
View Item