Delviana Rahma Dania (2020) ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS' PERCEPTION OF USING MIND MAPPING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (765kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
Bab I.pdf
Download (231kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (678kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (341kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (583kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Strategi pembelajaran menjadi sorotan di bidang pendidikan. Strategi pembelajaran juga memiliki peran penting bagi guru dan siswa karena hal itu dapat bermanfaat bagi mereka dalam proses pembelajaran. Dalam strategi pembelajaran, ada berbagai teknik pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris. Salah satu teknik pembelajaran alternatif yang dapat diterapkan oleh siswa adalah pemetaan pikiran. Mind mapping adalah teknik pembelajaran dengan memetakan informasi atau ide. Penelitian ini membahas persepsi siswa tentang penggunaan pemetaan pikiran Departemen Pendidikan Bahasa Inggris (ELED) di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan menggunakan pemetaan pikiran berdasarkan persepsi siswa ELED. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Partisipan dalam penelitian ini adalah empat siswa ELED angkatan 2017. Berdasarkan hasil wawancara, penelitian ini mengungkapkan bahwa ada delapan poin yang terkait dengan kekuatan menggunakan pemetaan pikiran: menghemat waktu, membantu belajar dan memahami materi, mengingat semuanya lebih lanjut mudah, meningkatkan kreativitas dalam belajar, membantu siswa untuk bertukar pikiran, meningkatkan keterampilan bahasa, meningkatkan minat siswa, dan memotivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini juga menemukan kelemahan menggunakan pemetaan pikiran. Ada dua hal: sulit dan rumit dalam membuat peta pikiran dan membutuhkan waktu lama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:45 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 02:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/561 |