Sylvia Ratna Kumalasari (2021) Analisis Hubungan Geometrik Jalan dengan Kecelakaan di Ruas Jalan Sentolo-Nanggulan, Kulon Progo. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (364kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB)
Bab I.pdf
Download (467kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (733kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (397kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (331kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (925kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Jalan Sentolo-Nanggulan yang terletak di Kabupaten Kulon Progo merupakan jalan provinsi dengan fungsi jalan kolektor primer. Jalan ini memiliki potensi kecelakaan yang tinggi dikarenakan kondisi geometrik jalan terutama pada Alinemen Horizontal (AH) dan Alinemen Vertikal (AV). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis geometrik jalan, AH dan AV jalan Sentolo-Nanggulan dengan berpedoman pada Peraturan Bina Marga tahun 2020 tentang Pedoman Desain Geometrik Jalan. Secara khusus penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik kecelakaan yang terjadi; membandingkan geometrik jalan dengan peraturan; mengidentifikasi hubungan geometrik jalan terhadap kecelakaan menggunakan software AutoCAD Civil 3D 2015; serta memberi rekomendasi teknis untuk perbaikan geometrik jalan melalui pemodelan menggunakan software AutoCAD Civil 3D 2015 untuk mewujudkan jalan yang berkeselamatan (safety road). Berdasarkan data kecelakaan dan hasil survei, disimpulkan bahwa kecelakaan terbanyak terjadi pada tahun 2018 sebanyak 17 kasus yang didominasi tipe kecelakaan depan-samping sebanyak 6 kasus, serta diketahui bahwa lebar lajur jalan Sentolo-Nanggulan tidak sesuai peraturan. Hasil analisis menggunakan software menunjukkan bahwa hanya terdapat 6 dari total 20 tikungan pada jalan eksisting yang sesuai peraturan. Ditinjau dari aspek jarak pandang terdapat 5 lengkung vertikal yang tidak sesuai peraturan. Hasil pemodelan untuk rekomendasi teknis menggunakan software berupa perubahan panjang jalan yang awalnya 2300 m menjadi 2030.87 m, jumlah tikungan menjadi 5 tikungan terdiri dari 2 tikungan Spiral-Spiral (S-S) dan 3 tikungan Spiral-Circle-Spiral (S-C-S), kelandaian berjumlah 5 kelandaian, dan 4 lengkung vertikal yang terdiri dari 3 lengkung vertikal cekung dan 1 lengkung vertikal cembung.
Kata kunci : Alinemen Horizontal, Alinemen Vertikal, AutoCAD Civil 3D, jalan Sentolo-Nanggulan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 02:49 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 02:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5618 |