Rica Dwi Irmawati (2021) KERJA SAMA GURU DENGAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SREBEGAN CEPER KLATEN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (336kB)
Bab I.pdf
Download (315kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (385kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (442kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (505kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (205kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (690kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bentuk-bentuk kerja sama antara orangtua dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa arab siswa dan prestasi belajar siswa dengan diadakannya kerja sama antara orangtua dan guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Srebegan, Ceper, Klaten. Adapun bentuk- bentuk kerja sama antara guru dengan orangtua seperti: Melakukan pengawasan baik dirumah maupun disekolah, Mengadakan rapat bersama dan berkomunikasi dengan baik. Penelitian ini menggunkan pendekatan mixed method (metode campuran), metode tersebut terdiri dari kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kerja sama guru dengan orangtua berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar anak di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Srebegan, Ceper, Klaten. Adapun bentuk-bentuk kerja sama antara guru dengan orangtua seperti: Melakukan pengawasan baik dirumah maupun disekolah, Mengadakan rapat bersama dan berkomunikasi dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji paried sampel t-test yang jauh dari taraf signifikan yaitu 0,05. Maka dapat diketahui bahwa nilai sig kelas VI A sebesar 0,000 < 0> maka terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai semester gasal dan genap. Untuk nilai signifikansi kelas VI B sebesar 0,168 > 0,05 maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai semester gasal dan genap. Hasil uji independen sampel t-test kelas A menunjukan nilai sig sebesar 0,130 dan juga 0, 130 lebih besar dari 0,05 dan untuk kelas B 0,647 dan juga 0,647 lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dengan asumsi tidak terdapat perbedaan antara nilai semester genap dan gasal pada kelas VI A maupun kelas VI B, dan Ha tidak diterima dengan asumsi adanya perbedaan yang sangat signifikan terhadap nilai semester gasal dan genap pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Srebegan, Ceper, Klaten.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:12 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:12 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5626 |