Muhamad Fadil Mutaqin (2021) INOVASI BADAN PENDAPATAN DAERAH DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi kasus: Pelayanan Pajak Bumi Bangunan di Kabupaten Bandung pada tahun 2020). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (700kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (46kB)
Bab I.pdf
Download (748kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (512kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap aktivitas dalam meberikan pelayanan. Pandemi tersebut juga berpengaruh terhadap pendapatan pemerintah, akan tetapi disaat pandemi Covid-19 melanda Kabupaten Bandung mendapatkan penghasilan daerah diatas target yang telah ditetapkan. Perlunya suatu inovasi dalam pelayanan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini mencoba untuk meneliti mengenai inovasi pelyanan publik yang diberikan Bapenda Kabupaten Bandung pada masa pandemi Covid-19 dalam meningkatkan pendapatan daerah Kabupaten Bandung.
Penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengambilan data mengunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang memiliki keterkaitan dengan penelitian ini. Indikator indikator dari penelitian adalah : a) keuntungan relatif, b) Kesesuaian, c) Kerumitan, d) Kemungkinan dicoba.
Inovasi pelayana jemput bola dan PBB Gratis yang dilaksanakan oleh Bapenda Kabupaten Bandung pada masa pandemi Covid-19, baik itu secara online, offline, dan dari sistem pelayanan yang memberikan apresiasi terhadap masyarakat, sebagai customer dari pelayanan Bapenda. Keuntungan dari pelayanan ini adalah dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan. Masayarakat tidak
perlu untuk jauh datang ke Kontor Bapenda untuk mendapatkan pelayanan Selain itu keuntungan didapat masyrakat adalah diberikan PBB Gratis pada tahun 2020 dengan syarat yang sangat mudah. PBB Gratis itu dapat meningkatkan pendapatan
Kabupaten Bandung. inovasi ini dinilai sesuai dengan inovasi yang sebelumnya dan inovasi ini juga sesuai dengan kebutuhan masa pandemi. Kerumitan yang ditemukan cukup sedikit karana untuk medapatkan pelayanan ini sangat mudah ditemukan di daerah-daerah Kabupaten Bandung. Inovasi ini juga tidak melalui tahap uji coba, masyarakat dapat secara langsung mengamati kemudahan dari pelayanan yang diberikan.
Perlunya tindak lanjut, khusus untuk jemput bola secara online dan offline dapat diteruskan tidak hanya dilaksanakan pada saat pandemi covid-19 saja, Bapenda dapat menjalankan inovasi jemput bola pada saat keadaan normal. Baiknya juga jika Bapenda Kabupaten Bandung menambah armada untuk pelayanan tersebut, mengingat kondisi geografis dari Kabupaten Bandung yang luas. apenda harus lebih banyak untuk mensosialisasikan lagi pelayanan ini kepada masyarakat, menjelaskan manfaat yang didapatkan dari program pelayanan jemput bola
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 06 Nov 2021 01:38 |
Last Modified: | 06 Nov 2021 01:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5665 |