STRATEGI CUSTOMER RELATIONS DISKOMINFO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2019 (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF CUSTOMER RELATIONS PELAKSANAAN UU NO 14 TAHUN 2008 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK)

Yoga Budi Setyawan (2020) STRATEGI CUSTOMER RELATIONS DISKOMINFO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2019 (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF CUSTOMER RELATIONS PELAKSANAAN UU NO 14 TAHUN 2008 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah Indonesia menciptakan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik untuk memenuhi tanggungjawab lembaga publik kepada masyarakatnya. Begitu pula Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika berkewajiban memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dengan menjalin hubungan dengan masyarakat (Customer Relations). Customer Relations menjadi penting karena stakeholder terdekat dalam pelayanan informasi oleh badan publik adalah masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa, (1) Diskominfo Kabupaten Karanganyar membagi media komunikasi menjadi dua yaitu media aduan dan layanan informasi. Keterbukaan Informasi Publik Diskominfo Karanganyar sudah menjalankan consumer information dan complaint handling; (2) Pelaksanaan customer relations Diskominfo Karanganyar adalah dengan membuka semua media layanan informasi & media aduan serta bekerja sama dengan OPD sebagai PPID Pembantu dan juga media komunitas masyarakat; (3) Diskominfo menggunakan database masyarakat untuk melakukan personalisasi dan percepatan pelayanan serta membuka daftar informasi publik seluas-luasnya; (4) Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik Diskominfo Karanganyar sudah melibatkan masyarakat dalam proses evaluasinya untuk melihat penilaian langsung dari masyarakat melalui Survei Kepuasan Masyarakat (SKM).

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:35
Last Modified: 23 Oct 2021 03:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item
View Item