Zuhal Salim (2021) KUALITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI ISLAM PELANGI ANAK NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (408kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (390kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Bab I.pdf
Download (106kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (312kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (42kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (132kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (61kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (205kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas penggunaan media audio visual terhadap anak berkebutuhan khusus yaitu autisme dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 5 informan dengan rincian: 1 orang pembina yayasan, 3 orang guru kelas inklusi dan 1 orang wali siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media audio visual pengajar dengan mudah menyampaikan materinya terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran. Responsi yang ditunjukkan oleh peserta didik ketika belajar menggunakan media audio visual menjadi bersemangat dan perubahan yang didapat setelah menggunakan media audio visual peserta didik menjadi tenang serta fokus dalam pembelajaran. Faktor pendukung dari media audio visual sendiri adalah tersedianya sarana dari sekolah serta ruangan kelas yang kondusif membuat peserta didik menjadi lebih nyaman dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ketika arus listrik yang padam secara tiba-tiba serta kondisi peserta didik yang tidak bisa ditebak seperti halnya rasa emosionalnya dan minat yang diinginkannya.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Anak Berkebutuhan Khusus
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 07:36 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 07:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5718 |