KUALITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI ISLAM PELANGI ANAK NEGERI YOGYAKARTA

Zuhal Salim (2021) KUALITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI ISLAM PELANGI ANAK NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas penggunaan media audio visual terhadap anak berkebutuhan khusus yaitu autisme dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 5 informan dengan rincian: 1 orang pembina yayasan, 3 orang guru kelas inklusi dan 1 orang wali siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media audio visual pengajar dengan mudah menyampaikan materinya terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran. Responsi yang ditunjukkan oleh peserta didik ketika belajar menggunakan media audio visual menjadi bersemangat dan perubahan yang didapat setelah menggunakan media audio visual peserta didik menjadi tenang serta fokus dalam pembelajaran. Faktor pendukung dari media audio visual sendiri adalah tersedianya sarana dari sekolah serta ruangan kelas yang kondusif membuat peserta didik menjadi lebih nyaman dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ketika arus listrik yang padam secara tiba-tiba serta kondisi peserta didik yang tidak bisa ditebak seperti halnya rasa emosionalnya dan minat yang diinginkannya.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Anak Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 07:36
Last Modified: 14 Dec 2021 07:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5718

Actions (login required)

View Item
View Item