M. Haryo Pangestu (2021) MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR TINGKAT 5 BERBASIS TANGIBLE USER INTERFACE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (735kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (462kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (563kB)
Bab I.pdf
Download (761kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (667kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (591kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (989kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (23MB)
Abstract
Tangible user interface merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan sistem informasi digital melalui sebuah objek fisik. Melalui objek fisik tersebut pengguna dapat memanipulasi, mengendalikan dan mengoperasikan sistem dengan objek penggerak atau teknologi tertentu. Sistem tersebut mentransformasikan informasi fisik ke dalam informasi digital yang dapat diamati secara langsung. Penelitian ini menawarkan sebuah alat yang mampu mendeteksi sebuah bangun ruang untuk media pembelajaran anak sekolah dasar, dengan cara memasangkan sebuah chip pada objek fisik yang berupa bangun ruang. Kemudian nantinya chip tersebut akan dibaca oleh sensor, setelah itu informasi yang didapatkan oleh sensor akan dikirim dan ditampilkan pada pc/laptop. Sehingga memudahkan bagi para siswa dalam memahami bentuk-bentuk bangun ruang. Hasil penelitian menunjukkan perancangan aplikasi media pembelajaran bangun ruang untuk anak sekolah dasar tingkat 5 berbasis tangible user interface mampu bekerja dengan baik tanpa ada kendala serta telah dapat diterima oleh guru dan siswa, perancangan aplikasi media pembelajaran bangun ruang ini dapat meningkatkan efektivitas dalam proses belajar mengajar, meningkatkan minat siswa dalam mengenali bangun ruang, serta dapat membantu meringankan guru dalam menjelaskan materi bangun ruang, modul MFRC 522 sudah mampu membaca tag RFID serta mengkomunikasikannya dengan sangat baik ke komputer, berdasarkan hasil survei kuesioner tentang uji coba aplikasi yang dilakukan pada SDN 215 Sungai Toman didapatkan hasil bahwa aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna (user), simpel serta memiliki tampilan (interface) yang baik bagi para guru dan siswa di SD tersebut.
Kata kunci : tangible user interface, media pembelajaran, bangun ruang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 07:30 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 07:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5741 |