Ilusi Suryaningsih (2021) ANALISIS KESESUAIAN KOSAKATA PADA BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SANGONAN III TERBITAN PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH 2020/2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (863kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (582kB)
Bab I.pdf
Download (430kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (205kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (464kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (510kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Buku pelajaran Pendidikan Bahasa Arab SD Muhammadiyah kelas IV terbitan Pimpinan Pusat Muhammadiyah merupakan buku ajar yang digunakan oleh kelas IV SD Muhammadiyah Sangonan III untuk menunjang pembelajaran di sekolah maupun di rumah. Pada buku pelajaran Pendidikan Bahasa Arab SD Muhammadiyah kelas IV terbitan Pimpinan Pusat Muhammadiyah terdapat kosakata yang tidak sesuai dengan pembahasan materi setiap babnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sesuai dan tidak sesuai antara kosakata dengan materi pada buku ajar. Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah supaya pengajar/guru dapat mempersiapkan buku ajar yang dibutuhkan dalam pembelajaran kosakata dan apabila pengajar/guru menemukan kosakata yang tidak sesuai dengan materi didalam buku ajar, karena tidak semua yang terdapat dalam buku ajar sudah sesuai dalam memenuhi standar belajar dan kompetensi dasar, serta dapat menambah kosakata bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (conten analysis ). Peneliti juga melakukan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam lingkungan sekolah. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah buku ajar Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Dasar Muhammadiyah kelas IV terbitan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa analisis 8 bab dengan materi yang berbeda pada buku ajar, analisis kosakata dengan materinya terdapat 2 bab kosakata yang tidak sesuai dengan materi dan 6 bab sesuai antara kosakata dengan materi.
Kata Kunci: Analisis Kesesuaian, Kosakata, Buku ajar bahasa arab.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 07:07 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 07:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5831 |