STRATEGI SOO MAN ENTERTAINMENT (SM ENTERTAINMENT) SEBAGAI PERUSAHAAN HIBURAN DALAM MEWUJUDKAN DIPLOMASI KEBUDAYAAN KOREA SELATAN DI INDONESIA

Pinkkan Novena Heldatantry (2021) STRATEGI SOO MAN ENTERTAINMENT (SM ENTERTAINMENT) SEBAGAI PERUSAHAAN HIBURAN DALAM MEWUJUDKAN DIPLOMASI KEBUDAYAAN KOREA SELATAN DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (684kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Korean Wave atau Hallyu merupakan salah satu ciri khas kebudayaan oleh negara Korea Selatan. Korean Wave menjadi instrumen dalam menerapkan diplomasi Kebudayaan Korea Selatan. Peran pemerintah dan Non-Pemerintah turut ikut mengambil andil dalam hal tersebut. Dalam hal ini, strategi
pemerintah dalam mendukung kesuksesan Korean Wave dengan membentuk institusi pemerintahan yang bertanggung jawab terhadap penyebaran Korean Wave. Peran Non-Pemerintah seperti salah satunya perusahaan hiburan Soo Man Entertainment (SM Entertainment) yang menyukseskan Korean
Wave sebagai salah satu Diplomasi Kebudayaan Korea Selatan. Perusahaan hiburan Soo Man Entertainment (SM Entertainment) juga dapat dikaitkan dalam teori Multi Track Diplomacy. Terdapat sembilan track yang dimana dua diantaranya berkaitan dengan kesuksesan Korean Wave. Soo Man Entertainment (SM Entertainment) memiliki peran sebagai aktor dari Diplomasi Kebudayaan dan Multi Track Diplomacy. Penelitian ini diuraikan secara deskriptif dengan metode teknik pengumpulan data studi pustaka yang bertujuan untuk menjelaskan bahwa Korean Wave dapat menjadi instrument dalam menerapkan Diplomasi Kebudayaan Korea Selatan di Indonesia.
Kata Kunci: Korean Wave, SM Entertainment, Diplomasi Kebudayaan, Multi Track Diplomacy

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2021 01:59
Last Modified: 06 Nov 2021 01:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5864

Actions (login required)

View Item
View Item