Istia Tasqiyah (2021) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN FARMASI RAWAT JALAN DI PUSKESMAS MASNI MANOKWARI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (801kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (144kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
Bab I.pdf
Download (209kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (360kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (450kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p>Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) berfungsi menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Puskesmas merupakan sarana pelayanan kesehatan yang melaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional. Sangat diperlukan dukungan dan komitmen yang tinggi dari Puskesmas untuk menciptakan pelayanan primer berkualitas bagi peserta BPJS Kesehatan. Salah satu yang dapat menilai keberhasilan suatu Puskesmas adalah tingkat kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator yang penting bagi kualitas pelayanan serta memiliki dampak dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang lebih efisien dalam memenuhi kebutuhan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dan mengetahui dimensi apa yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Masni Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat berdasarkan analisis <em>Customer Satisfaction Index </em>(CSI) dan <em>Importance Performance Analysis </em>(IPA).</p>
<p>Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-eksperimental secara deskriptif-analitik dengan pendekatan <em>cross sectional</em>. Pengambilan data dilakukan secara <em>purposive sampling</em> melalui data primer berdasarkan hasil kuesioner. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini dengan populasi 3813 adalah sebanyak 89 responden yang merupakan anggota BPJS kesehatan puskesmas Masni. Analisis tingkat kepuasan pasien dalam model SERVQUAL dilakukan dengan menggunakan pengukuran analisis <em>Customer Satisfaction Index </em>dan penilaian atribut 5 dimensi Servqual menggunakan analisis <em>Importance Performance Analysis</em>.</p>
<p>Hasil analisis <em>Customer Satisfaction Index </em>menunjukkan nilai tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Masni sebesar 77,75</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Farmasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:44 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 07:44 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5917 |