Alan Cahya Nugroho (2021) STRATEGI PROGRAMMING TVRI YOGYAKARTA DALAM MENGEMBAN AMANAT SEBAGAI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (863kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Bab I.pdf
Download (794kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (994kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (588kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (310kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (685kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi programming TVRI Yogyakarta dalam mengemban amanat sebagai lembaga penyiaran publik di Daerah Istimewa Yogyakarta. TVRI Yogyakarta merupakan stasiun televisi lembaga penyiaran publik milik pemerintah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan stasiun televisi yang semakin meningkat dan kemudian bagaimana langkah yang harus dilakukan oleh TVRI Yogyakarta dalam melaksanakan strategi programming. Penelitian ini menggunakan teori strategi programming yang meliputi strategi kesesuaian (compability), strategi pembentukan kebiasaan (habbit formation), strategi pengontrolan arus penonton (control of audience flow), strategi penataan sumber daya program (conversation of program resources), dan strategi perluasan daya tarik (breadth of appeal). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diambil dari data primer melalui wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari buku, internet dan studi dokumen. Lokasi penelitian adalah TVRI Yogyakarta. Berdasarkan dari hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi programming yang digunakan oleh TVRI Yogyakarta sebagai penyiaran publik sudah tepat karena telah melengkapi beberapa tahapan. Akan tetapi dalam penerapannya sebagai televisi publik, TVRI Yogyakarta tidak melakukan riset penonton secara langsung guna mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh penonton. Sehingga kurang memaksimalkan potensi program acara untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan penontonnya.
Kata kunci: Lembaga Penyiaran Publik, Strategi Programming, TVRI Yogyakarta
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 06:37 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 06:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5955 |