KESABARAN SISWA DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19: KASUS DI MAN 2 YOGYAKARTA DAN SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

Nikmatul Khoiriyah (2021) KESABARAN SISWA DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19: KASUS DI MAN 2 YOGYAKARTA DAN SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (899kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi siswa selama pembelajaran di masa pandemi, cara siswa mengatasi kendala pembelajaran pada masa pandemi, perbedaan kesabaran siswa di MAN 2 Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta pada masa pandemi, dan menganalisis pengaruh eksternal terhadap kesabaran siswa pada masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (<em>field research)</em> dengan pendekatan kombinasi. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 228 siswa MAN 2 Yogyakarta dan 112 siswa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta dengan teknik pengambilan sampel <em>simple random sampling.</em> Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data secara berurutan eksplanatori sekuensial dengan pengukuran Tingkat Capaian Responden (TCR). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan 2 guru pendamping di MAN 2 Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) kendala pembelajaran yang dialami oleh siswa di MAN 2 Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta meliputi format penyajian materi, pembelajaran yang menekankan pada tugas, kebiasaan buruk siswa, jaringan dan perangkat pendukung kurang stabil, serta aplikasi yang digunakan kurang optimal; (2) Cara siswa mengatasi kendala pembelajaran di masa pandemi diantaranya dengan belajar lebih giat dan bertanya kepada guru, disiplin waktu dan diskusi dengan teman, meningkatkan kesadaran diri, kelonggaran waktu, dan program sekolah; (3) Tingkat kesabaran siswa di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta lebih tinggi dibanding MAN 2 Yogyakarta dengan memperoleh rata-rata nilai capaian siswa sebesar 76,29% termasuk kategori cukup tinggi sedangkan MAN 2 Yogyakarta sebesar 75,71% termasuk kategori cukup tinggi. Berdasarkan hasil uji <em>Mann Whitney </em>dengan nilai sig sebesar 0,632 > 0,05 didapatkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kesabaran siswa dalam belajar MAN 2 Yogyakarta dengan SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta; (4) Pengaruh eksternal terhadap kesabaran siswa dalam belajar meliputi manajemen sekolah dan dukungan keluarga.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:23
Last Modified: 14 Dec 2021 02:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5976

Actions (login required)

View Item
View Item