Ratri Wikan Ningsih (2021) EVALUASI PENERAPAN KONSEP ONE STOP SERVICES DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI RSUD SLEMAN TAHUN 2019-2020. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (309kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Bab I.pdf
Download (320kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (24kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kualitas pelayanan kesehatan merupakan keutuhan dari karkteristik suatu barang dan jasa yang menunjukan kemampuannya untuk memuaskan pelanggan. Semakin sempurna kepuasan pelanggan maka semakin baik pula kualitas pelayanan kesehatan. Kualitas pelayan kesehatan dapat didukung dengan adanya penerapan konsep one stop services, yaitu pengintegrasian pola pelayanan yang dilakukan dalam proses pelayanan dari dimulainya tahap permohonan sampai penyelesaian pelayanan melalui satu tempat. Penelitian dilakukan di RSUD Sleman yang menerapakan konsep one stop services untuk meningkatan kuaitas pelayanan yang lebih baik lagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunkan teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman. Data diperoleh melalui pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Data wawancara dilakukan dengan Wakil Direktur RSUD Sleman, Staf RSUD Sleman, serta masyarakat sebagai pengguna layanan di RSUD Sleman. Penelitian ini mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Penyelenggaraan pelayanan dengan penerapan konsep one stop services di RSUD Sleman tahun 2019-2020 dinilai sudah baik, karena sudah dilaksanakan berdasarkan indikator penelitian. Indikator tersebut antara lain adalah keterpaduan, ekonomis, koordinasi, pendelegasian atau pelimpahan wewenang, akuntabilitas, dan aksesbilitas. Dengan pemenuhan berberapa indikator tersebut membuat pelayanan kesehatan menjadi lebih baik lagi, pelayanan menjadi lebih mudah, cepat, efektif dan efisien yang dilakukan secara terpadu dalam satu tempat atau satu gedung, sehingga pelayanan lebih berkualitas dan memberikan kepuasan bagi pelanggan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:23 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 07:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6058 |