Fatia Sinta Ardharani Wahyudi (2021) Implementasi Pelayanan Informasi Publik (Studi Kasus pada Website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Cilacap). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (588kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8kB)
Bab I.pdf
Download (403kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (404kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (715kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (53kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (732kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (767kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pelayanan informasi publik adalah bentuk pelayanan publik yang dilaksanakan secara langsung bahkan online yang tergabung dalam suatu platform Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang bertujuan agar memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi. Layanan website PPID Kabupaten Cilacap di tahun 2020 mengalami kenaikan pengunjung. Tahapan dalam menyempurnakan website PPID Kabupaten Cilacap salah satunya adalah evaluasi dari masyarakat terkait kinerja PPID dalam pengelolaan informasi. Belum optimalnya pelayanan website PPID Kabupaten Cilacap yang dikeluhkan masyarakat menggambarkan Pemerintah Kabupaten Cilacap belum maksimal dalam pengelolaan website PPID sehingga menarik peneliti untuk menjadikan PPID Kabupaten Cilacap sebagai objek dalam pengambilan data dan melibatkan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap sebagai penanggung jawab PPID. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor pelayanan informasi publik dan implementasi kebijakan PPID. Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan cara pengumpulan data wawancara dari beberapa pihak yang terkait dan dokumentasi sebagai sumber datanya. Hasil penelitiannya dalam implementasi PPID yang melibatkan indikator Komunikasi, Sumber Daya, Struktur Birokrasi, dan Disposisi. Dalam upayanya, Dinas Komunikasi dan Informatika terus melakukan peningkatan dalam kinerjanya. Namun dalam implementasi PPID, masih terdapat hambatan dalam aspek sumber daya manusia sebagai pelaksana kegiatan PPID. Honorarium yang diberikan oleh penanggung jawab PPID, menimbulkan kesenjangan antar pelaksana kegiatan PPID dan dianggap pemborosan anggaran. Terdapat faktor yang mempengaruhi pelayanan informasi publik yaitu komitmen dari pemerintah, tersedianya sumber daya manusia dan infrastruktur, dan adanya dukungan dari masyarakat.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 06 Nov 2021 03:39 |
Last Modified: | 06 Nov 2021 03:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6130 |