FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA APLIKASI APEKESAH PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS DI KOTA BATAM KEPULAUAN RIAU TAHUN 2020)

Tyas Nor Khairaz (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA APLIKASI APEKESAH PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS DI KOTA BATAM KEPULAUAN RIAU TAHUN 2020). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pesat perkembangan yang dialami oleh teknologi memberikan kemudahan bagi pemerintahan dalam beroperasi. Manfaat dari perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi pemerintahan adalah pelayanan publik berbasis teknologi yang berbentuk e-government. Salah satu implementasi dari e-government adalah adanya website milik pemerintah daerah. Selain itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam membuat inovasi yaitu menciptakan aplikasi Apekesah sebagai aplikasi layanan aduan berbasis online yang melibatkan partisipasi publik untuk menampung aspirasi dan pengaduan dari masyarakat kepada pemerintah terkait layanan publik atau suatu kejadian yang sedang terjadi di wilayah Kota Batam. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif, data primer diperoleh melalui kuesioner dan wawancara, dan data sekunder melalui dokumen-dokumen yang berkaitan dengan topik penelitian. Populasi pada penelitian ini yaitu masyarakat Kota Batam yang menggunakan layanan e-government yaitu aplikasi Apekesah. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan rumus slovin dan teknik random sampling. Data penelitian diolah dengan menggunakan SmartPLS versi 3.3.2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna aplikasi Apekesah di Kota Batam memiliki persepsi yang baik ditinjau dengan statistik deskriptif pada variabel kepuasan pengguna. Hasil perhitungan statistik deskriptif menunjukan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh pada variabel kepuasan pengguna, terletak pada interval 3,7 sampai 5,0 yang menunjukkan hasil nilai baik. Selain itu, diketahui bahwa variabel produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, dan sarana dan prasarana memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 01:50
Last Modified: 14 Dec 2021 01:50
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6167

Actions (login required)

View Item
View Item