Rifatul Anwiyah (2021) NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI DALAM PRAKTIK PENDIDIKAN EKOLOGI DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM), NITIPRAYAN, BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (3MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab I.pdf
Download (9MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (287kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (35MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan pendidikan karakterislami yang diperlihatkan dari praktek Pendidikan ekologi berbasis komunitas di Sanggar Anak Alam (SALAM) Nitiprayan Bantul. Praktek Pendidikan ekologi memiliki karakteristik nilai-nilai Islami seperti ketauhidan, keadilan, memelihara keseimbangan, dan menjaga bumi. Dengan mendayagunakan penelitian kualitatif dengan teknik
mengumpulkan data-data yang berasal dari observasi langsung, wawancara dengan informan utama yang memiliki peran dan pengalaman serta pengetahuan yang memadai terkait subyek riset ini seperti pendiri sekolah, fasilitator, orang tua murid, dan murid kelas 6, dilengkapi dengan literatur,
dokumentasi laporan-laporan media yang relevan. Penelitian ini mendapatkan beberapa kesimpulan pokok yaitu pertama bahwa Pendidikan karakter sangat efektif dilakukan dengan kegiatan pembelajaran baik dengan kurikulum tertulis maupun yang tidak tertulis termasuk camping, pasar komunitas, kemudian riset-riset bertemakan lingkungan hidup. Kedua, karakter-karakter yang dibangun dari kegiatan pendidikan lingkungan sejalan dan sesuai dengan nilai-nilai Islami. Terakhir siklus pendidikan karakter Islami berbasis praktek ekologi dilakukan dalam siklus daur hidup meliputi
pembangunan kesadaran warga belajar yaitu dengan pengetahuan kognitif untuk memperlihatkan manusia memiliki tanggung jawab melestarikan bumi. Kedua pembiasaan yaitu terkait bagaimana aktivitas yang sudah ada itu dibiasakan sehingga pendidikan karakter itu menjadi berkelanjutan. Keempat yaitu keteladanan untuk memperkuat komitmen praktek Pendidikan lingkungan dan pembiasaan diperlukan keteladanan fasilitator, orang tua, penyelenggara pendidikan, dan yang terakhir adalah refleksi yaitu bagaimana komunitas sanggar anak alam itu mampu memaknai praktek pendidikan ekologi dalam komunitas sehingga siklus belajar pendidikan karakter dapat efektif untuk membantu peserta didik dalam membangun dan memperkuat karakter karakter kepedulian terhadap
lingkungan hidup yang sejalan dengan nilai nilai islami. Keberhasilan praktik ini dapat dilihat dalam kekuatan inisiatif dan inspirasinya bagi sekolah lain, keberlanjutannya, dan meluasnya praktik di keluarga peserta didik.
Kata kunci: Pendidikan Ekologi, refleksi, SALAM, karakter Islami
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 06 Nov 2021 07:36 |
Last Modified: | 06 Nov 2021 07:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6293 |