Yusron Latif (2021) KONSEP BIRRUL WALIDAIN DAN RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN JIWA ANAK (Studi Tafsir al-Mis}ba>h} Alquran Surah al-Isra>’ Ayat 23-24). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (369kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
Bab I.pdf
Download (159kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (382kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (442kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dalam penelitian ini, akan dikaji QS. al-Isra>’ ayat 23 dan 24 menggunakan kitab Tafsi>r al-Mis}ba>h sebagai upaya untuk mengetahui apa yang dimaksud konsep birrul walidain yang terkandung didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian
kepustakaan dengan pendekatan ilmu tafsir. Berkaitan dengan sumber primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah kitab Tafsi>r al-Mis}ba>h}, sedangkan sumbersumber sekunder yang digunakan adalah literatur-litaratur yang berhubungan
dengan birrul wa>lidain. Hasil dari penelitian ini adalah pemikiran dan pemahaman M. Quraish Shihab terhadap pendidikan birrul wa>lidain melalui penafsirannya dalam Tafsi>r al-Mis}ba>h pada QS. al-Isra>’ ayat 23 dan 24 yang menjelaskan beberapa hal yang harus dilakukan seorang anak kepada kedua orang tua. Kemudian, untuk memperkaya khazanah keilmuan yang terangkum dalam penelitian ini, peneliti juga menghadirkan teori-teori barat tentang perkembangan
masa hidup untuk melihat seberapa relevan konsep birrul walidain yang sifatnya parsial dengan teori-teori tersebut. Meninjau dari dua perspektif yang berbeda dan sama-sama dalam cakupan pembahasan pendidikan anak, didapati bahwa teori-teori barat nampak cukup relevan pada beberapa aspek, namun hal tersebut tidak kemudian menjadikan teori-teori barat dapat diterima secara keseluruhan. Penting adanya sikap selektif dan teliti dalam berkompromi dengan teori-teori barat yang tentu didomonasi oleh hasil pemikran yang tidak bersumber dari Allah dan rasulNya.
Kata kunci: Pendidikan birrul wa>lidain, tafsi>r al-Mis}ba>h, teori-teori perkembangan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 06 Nov 2021 03:09 |
Last Modified: | 06 Nov 2021 03:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6311 |