Khusna Ramadhan (2021) Konsep Pendidikan Akhlaq Perspektif Ibnu Miskawaih (Studi Analisis Kitab Tahzib al-AKhlaq). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (347kB)
Bab I.pdf
Download (667kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (666kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (584kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (900kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (508kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (484kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
<p xss=removed>Penelitian ini bertujuan untuk menghadirkan solusi dengan realita yang ada di lingkungan masyarakat berupa degradasi moral yang akhir-akhir ini meresahkan dunia pendidikan. Melalui pendidikan akhlaq diharapkan masalah yang masih bercokol ditubuh bangsa ini bisa terobati dengan segera. Dalam penelitian ini, penulis mengambil objek kajian pemikiran Ibnu Miskawaih yang dituangkan dalam kitab Tahz}i>b al-Akhla>q. Jenis penelitian ini adalah library research, yaitu penelitian dengan objek pengkajian diambil dari berbagai sumber kepustakaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis. Metode ini digunakan dalam menganlisis konsep pendidikan akhlaq yang tertuang dalam kitab Tahz}i>b al-Akhla>q. Dengan ditemukan konsep pendidikan akhlaq perspektif Ibnu Miskawaih dan komponen-komponennya, sehingga mampu diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar sebagai upaya mewujudkan karakter peserta didik yang berakhlaq mulia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengkajian tentang akhlaq dalam kitab Tahz}i>b al-Akhla>q didasarkan kepada konsepnya tentang manusia. Tugas seorang pendidik adalah mengukuhkan ketiga jiwa manusia al-quwwat al-na>t}iqat, al-quwwat al-syahwa>niyyat, dan al-quwwat al-ghad}abiyyat agar senantiasa dalam arah yang seimbang. Dalam arti lain konsep ini dikenal dengan doktrin jalan tengah yang bermaksud tidak ekstrem kelebihan dan kekurangan. Nampaknya, latar belakang pemikiran Ibnu Miskawaih dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitar yang mayoritas masyarakatnya melakukan penyimpangan berupa minuman keras, berzina dll. Di samping itu, kelebihan pemikiran Ibnu Miskawaih terdapat pada konsepnya tentang jiwa manusia. Sedangkan kekurangan yang terdapat pada pemikirannya masih banyak diadopsi pemikiran filosof barat.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:09 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 07:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6320 |