Fitni Nurdianti Akma (2021) PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP PPM MBS PLERET BANTUL PADA ERA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
<p><em>Penelitian ini membahas pelaksanaan pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP MBS Pleret selama masa Pandemi Covid-19, kendala yang dihadapi dan solusi dari kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif evaluatif dengan jenis penelitian lapangan. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data-data yang diperoleh di tempat penelitian dilakukan, dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan model Sirkuler, yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran belum berjalan dengan maksimal berdasarkan: Guru tidak memiliki strategi khusus dalam pembelajaran selama pandemi dan pembelajaran dilakukan seperti biasa dengan metode ceramah dan diskusi. Pembelajaran hanya dilakukan secara sinkronus melalui Google Meet, evaluasi dilakukan dengan pemberian tugas yang dikumpulkan melalui Google Classroom atau pemberian soal melalui Google Form dan Quizizz. Kendala yang dialami guru antara lain: sulit mengawasi santri, santri sulit mengumpulkan tugas, santri tidak mengaktifkan kamera, dan santri sulit untuk diajak berinteraksi. Sedangkan kendala yang dihadapi santri antara lain: jaringan yang tidak stabil dan sulit dalam memahami penjelasan guru. </em></p>
Dosen Pembimbing: | Marsudi, Drs., M.Ag. and Akif Khilmiyah, Dr., M.Ag. | NIDN0507016701, NIDN0512026801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 07:39 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 07:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6326 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |