Ahmad Emil Fauzi (2021) PENGARUH WAKTU GESEK TERHADAP SIFAT MEKANIK SAMBUNGAN SILINDER PEJAL STAINLESS STEEL 304 DAN PLAT BAJA KARBON RENDAH PADA PENGELASAN CONTINOUS DRIVE WELDING (CDFW). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
<p>Pengelasan gesek (Friction welding) adalah suatu proses yang menggunakan panas yang dihasilkan oleh gesekan dan tekanan pada dua permukaan material dalam jangka waktu tertentu untuk menyambung material. Dalam proses penyambungan logam stainless streel, metode brazing sering digunakan. Namun metode brazing ini masih memiliki beberapa kekurangan, antara lain kebutuhan logam pengisi, timbulnya asap, dan waktu proses yang lama. Sebagai metode alternatif untuk mengkompensasi kekurangan dari proses brazing ini bisa menggunakan friction welding. Material yang digunakan dalam penelitian ini adalah stainless steel 304 dan plat baja karbon rendah. Stainless steel memiliki diameter besar 20 mm dan diameter kecil 14 mm. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah perubahan waktu gesek (3, 6, 9 detik). Tekanan gesek yang digunakan adalah 30 MPa, tekanan upset 40MPa, dan waktu upset adalah 4 detik. Kecepatan mesin las gesek yang digunakan adalah 1000 rpm. Setelah selesai, untuk hasil pengujian mikro daerah HAZ pada spesimen 6 detik adalah yang paling padat jika dibandingkandengan variasi sambungan lainnya.Hasil pengujian kekerasan dengan nilai tertinggi adalah waktu gesekan 6 detik dengan perubahan 210,2VHN, dan nilai kekerasan terendah adalah 179,1VHN dengan waktu gesek 3 detik. Uji tarik tertinggi terdapat pada sambungan dengan waktu gesek 6 detik sebesar 451,32 MPa, dan kekuatan tarik terendah terdapat pada sambungan dengan waktu gesek 3 detik sebesar 152,24 MPa.</p>
Dosen Pembimbing: | Aris Widyo Nugroho, Ir., MT., Ph.D., IPM. and Totok Suwanda, Dr. Ir., S.T., M.T. | NIDN0507037001, NIDN0504036901 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:04 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 07:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |