Adaptive Governance Dalam Komunikasi Bencana Covid-19 Menggunakan Media Sosial Di Provinsi DIY

Fajar Rahmanto (2021) Adaptive Governance Dalam Komunikasi Bencana Covid-19 Menggunakan Media Sosial Di Provinsi DIY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

<p>Dalam penanggulangan bencana, media sosial menawarkan banyak potensi yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai sarana untuk mengakses informasi bencana dan berkomunikasi dengan masyarakat. Tragedi Covid-19 yang melanda masyarakat di semua wilayah menghasilkan perubahan besar dalam kehidupan masyarakat dan ketidakpastian situasi. Hal ini mendorong diterapkannya tata kelola adaptif dalam komunikasi dan pengelolaan informasi kebencanaan penting bagi pemerintah untuk merespons peristiwa perubahan situasi yang muncul di setiap wilayah. Tesis ini akan menjawab bagaimana Pemerintah DIY melakukan <em>adaptive governance</em> untuk komunikasi informasi penanganan bencana pandemi Covid-19 menggunakan media sosial dan melihat faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan penggunaan media komunikasi kebencanaan oleh Pemerintah DIY. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dari beberapa lembaga pemerintah sebagai unit analisisnya yakni Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi DIY, BPBD DIY, dan Humas Setda DIY serta Tim Gugus Tugas Covid-19 DIY. Analisis data dilakukan dengan bantuan Nvivo 12 Plus untuk sumber konten dari media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan Pemerintah Provinsi DIY melakukan pengelolaan informasi dalam penanganan bencana covid dengan melakukan komunikasi dan koordinasi yang melibatkan berbagai aktor lintas sektoral, berpedoman terhadap regulasi pusat dan daerah, dan didukung oleh kompetensi sumber daya manusia pemerintah yang tinggi serta berkolaborasi dalam memberikan informasi edukasi dan sosialisasi bencana dengan menggandeng komunitas masyarakat (Masdjo dan Paidjo). Kemampuan adaptif ditunjukkan dari pengalaman terhadap penanganan bencana dengan menggunakan pendekatan ICS (<em>Incident Command System</em>) menjadi pembelajaran adaptif yang digunakan dalam penanganan bencana covid di DIY. Untuk memudahkan akses terhadap percepatan penyebaran informasi covid dari Pemerintah DIY secara eksternal dengan menggunakan media sosial dan secara internal dengan CMS (<em>Corona Monitoring System</em>) untuk menjaring secara cepat data Covid di DIY sebelum disampaikan ke publik. Komitmen Pemerintah DIY untuk beradaptasi dengan penggunaan media sosial dalam penanggulangan bencana, dibuktikan dengan pembuatan SOP informasi bencana berbasis media sosial sebagai kerangka untuk mewujudkan visi dan misi penanggulangan bencana DIY yang berorientasi pada perkembangan teknologi dan menyesuaikan perubahan zaman. Diperkuat adanya modal sosial Pemerintah DIY yang memiliki kondisi masyarakat dengan kesadaran bencana yang tinggi, literasi digital mencapai angka 75% serta akses terhadap penggunaan media sosial mencapai 90

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Pemerintahan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:04
Last Modified: 13 Dec 2021 07:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6350

Actions (login required)

View Item
View Item