Fahmi Rijal Afdholi (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (KAJIAN KITAB TAFSIR AL-MARAGHI QS. AL-HUJURAT AYAT 9-13). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (997kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (727kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (515kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (982kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (772kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berupaya untuk mengupas solusi atas terjadinya beberapa konflik di Indonesia yang berhubungan dengan multikultural seperti masalah etnisitas, prasangka stereotip, kelompok minoritas dan mayoritas, konflik SARA, dan disintegrasi bangsa. Solusi ini bersumber dari al-Qur’an sebagai pedoman hidup seluruh umat manusia. Selain menawarkan solusi persatuan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang nilai-nilai pendidikan multikultural yang terkandung dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 9-13 dengan mengkaji tafsir alMaraghi Sebagai sumber primer menelitian ini. Jenis penelitian ini adalah library research, maka peneliti mengkaji datadata dan literatur- literatur, kemudian memfokuskan bahan-bahan pustaka sebagai sumber untuk menjawab pokok-pokok masalah. Metode ini digunakan untuk menganalisis ayat yang berkenaan dengan tema pendidikan multikultural yang terdapat dalam kitab tafsir al-Maraghi. Penelitian yang peneliti lakukan ini bersifat deskriptif, yakni menguraikan data-data yang ditemukan, kemudian menyusun dan menyimpulkan dari data-data yang telah peneliti temukan. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab Tafsi>r Al-Maraghi dan sumber sekundernya adalah buku, jurnal, skripsi, artikel dan tilisan-tulisan dari bermacam-macam sumber yang membahas tentang nilai-nilai pendidikan multikultural serta literaturliteratur lainnya yang memiliki keterkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pembahasan tentang pendidikan multikultural dalam tafsir al-Mara>ghi QS. al-Hujurat ayat 9- 13 diperoleh kesimpulan bahwasanya nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat dalam QS. Al-Hujurat ayat 9-13 adalah mempererat persaudaraan dalam perbedaan yang ada, menjunjung tinggi rasa saling percaya dan saling membangun pengertian, saling menghargai dan saling menghormati sesama, membangun sikap toleransi antar sesama masyarakat, menghindarkan diri dari sifat buruk sangka kepada orang lain,dan mencegah terjadinya konflik dan menjunjung tinggi perdamaian. Key-Words: Pendidikan Multikultural, Tafsir Al-Maraghi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:27 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6384 |