Naufal Muti' Haryo Putra (2021) STRATEGI PROMOSI POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT PADA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SIPENMARU) TAHUN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (462kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16kB)
Bab I.pdf
Download (499kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (179kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (20kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (Polkesyo) merupakan pendidikan tinggi dalam bidang kesehatan yang berada di bawah kelembagaan dalam Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sejak tahun 2001. Adanya perubahan (peningkatan dan penurunan) yang signifikan pada jumlah pendaftar tahun 2019/2020 menjadi hal yang menarik untuk diteliti, mengingat Polkesyo juga merupakan Pendidikan tinggi bidang Kesehatan berbasis negeri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan Polkesyo mulai dari proses perencanaan hingga faktor pendukung dan penghambat dalam menarik minat masyarakat pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SIPENMARU) tahun 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan data pendukung. Terdapat dua aspek yang menjadi acuan peneliti yaitu konsep strategi promosi Polkesyo dan tahapan promosi SIPENMARU. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi promosi yang dilakukan Polkesyo dalam meningkatkan minat masyarakat pada SIPENMARU tahun 2019/2020 menerapkan beberapa tahap dalam upaya promosi yaitu melalui perencanaan, merancang pesan untuk audiens target, menentukan anggaran promosi, menentukan bauran promosi, hingga evaluasi dan pengendalian. Promosi yang lebih dominan dilakukan yaitu melalui personal selling dan pameran yang dianggap efektif karena melibatkan seluruh civitas akademik Polkesyo di dalamnya. Bauran promosi yang digunakan Polkesyo yaitu periklanan melalui media social seperti website, Instagram, facebook, youtube, dan twitter. Selain itu perlu adanya peran public relations lebih dalam untuk membangun dan menjaring relasi lebih luas dalam meningkatkan minat masyarakat pada SIPENMARU. Promosi melalui media social menjadi sangat perlu ditingkatkan, karena dalam pelaksanaan promosi bisa saja terjadi ketidaksesuain rencana dengan realisasi, seperti perubahan dalam pandemic Covid-19 ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:00 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 07:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6397 |