Aleyda Safiatudina Firdausi (2021) STRATEGI PEMASARAN SOSIAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENSOSIALISASIKAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Kasus pada Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Periode Bulan Juli – Desember 2020). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (70kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (356kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (349kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (54kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (394kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (519kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (615kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
<p>Virus COVID-19 yang memasuki wilayah Indonesia pada bulan maret 2020 menimbulkan dampak buruk baik di bidang kesehatan maupun di bidang perekonomian. Salah satu wilayah yang terdampak adanya COVID-19 adalah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Adanya dampak negatif akibat virus COVID-19 membuat Pemda DIY menyusun strategi jangka panjang untuk meminimalisir korban COVID-19 baik dilihat dari dampak sosial maupun dampak perekonomian bagi masyarakat Yogyakarta. Langkah yang diambil dalam merespon hal tersebut adalah dengan menyelenggarakan program sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi DIY (Kominfo DIY) sebagai instansi yang mempunyai wewenang untuk membantu Gubernur dalam melaksanakan tugas pemerintahan di dalam bidang komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang digunakan Kominfo DIY dalam melakukan sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan data penelitian yang didapatkan dari wawancara mendalam dengan empat orang informan serta studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Kominfo DIY menerapkan strategi pemasaran sosial dengan fokus menurunkan angka penularan COVID-19, serta memulihkan perekonomian daerah. Kominfo DIY menggunakan metode kearifan lokal seperti menggunakan Bahasa Jawa, melakukan blusukan, menerapkan metode gethok tular, serta memanfaatkan kesenian daerah seperti Wayang dan Kethoprak untuk menyampaikan pesan sosialisasi. Adapun yang menjadi catatan dalam proses sosialiasi Kominfo DIY dalam mensosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) adalah tidak adanya evaluasi secara terstruktur di akhir pelaksanaan sehingga efektifitas program sosialisasi tidak diketahui secara akurat.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:14 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6473 |